Dalam sebuah debat yang disponsori oleh dewan mahasiswa sebuah
universitas midwestern, lawan debat saya seorang calon anggota kongres
dari Partai Buruh Progresif (Marxist) di New York, mengatakan dalam
kata pembukanya: "Para sejarawan dewasa ini dapat dikatakan telah menghapuskan Yesus Kristus dari sejarah ... ",
Saya nyaris tidak mempercayai telinga saya (tapi saya bersyukur
sesudahnya, karena 2.500 orang mahasiswa yang mendengarnya segera
menyadari bahwa dia tidak membuat persiapan apa pun tentang sejarah).
Kebetulan saya membawa catatan dan dokumentasi ini sebagai bahan
sanggahan saya. Pasti bukan sejarawan (mungkin ada beberapa ekonom) yang
mempropagandakan teori bahwa Yesus Kristus adalah sebuah mitos.
Sebagaimana yang dinyatakan dengan tepat sekali oleh F. F. Bruce,
profesor Rylands dalam penelitian kritis dan penjelasan Alkitab dari
Universitas Manchester:
"Beberapa pengarang boleh saja
bermain-main dengan suatu 'mitos Kristus,' tetapi mereka tidak
melakukannya berdasarkan bukti-bukti sejarah. Bagi sejarawan yang tidak
memihak, latar belakang sejarah Kristus adalah sama pastinya dengan
latar belakang sejarah Julius Caesar. Jadi yang mempropagandakan teori
'mitos Kristus' pasti bukan sejarawan." 2/119
Otto Betz menyimpulkan bahwa "tidak ada ilmuwan serius yang berani mencoba-coba mengajukan teori tentang ketidak-sejarahan Yesus." 1/9
I. SUMBER-SUMBER KRISTEN UNTUK MENDUKUNG KESEJARAHAN YESUS KRISTUS
a. DUA PULUH TUJUH DOKUMEN PERJANJIAN BARU YANG BERBEDA
John Montgomery bertanya:
"Jadi, kalau begitu, apa yang
diketahui seorang sejarawan tentang Yesus? Yang paling utama dia tahu
bahwa dokumen-dokumen Perjanjian Baru dapat dipercaya untuk memberikan
gambaran yang akurat tentang Dia. Dan dia tahu bahwa gambaran ini
tidak dapat diubah-ubah menurut pikiran yang muluk-muluk, praduga
filosofis, atau rekayasa kesusasteraannya." 6/40
b. BAPA-BAPA GEREJA
Polikarpus, Eusebius, Irenaeus, Ignatius, Justin, Origenes, dan lain-lain.
II. SUMBER-SUMBER DILUAR ALKITAB UNTUK MENDUKUNG KESEJARAHAN YESUS KRISTUS
a. CORNELIUS TACITUS (lahir 52-54 sM)
Seorang sejarawan Roma, pada tahun 112 M, Gubemur Asia, menantu pria
Julius Agricola yang menjadi Gubemur Britania pada tahun 80-84 M.
Ketika menulis tentang pemerintahan Nero, Tacitus menyinggung tentang
kematian Kristus dan keberadaan orang-orang Kristen di Roma:
''Tetapi tidak ada pertolongan yang
datang dari seorang manusia, tidak pula anugerah yang dikaruniakan putra
mahkota, atau korban silih yang dipersembahkan kepada dewa-dewa, yang
dapat menyelamatkan Nero dari keaiban oleh karena dituduh telah sengaja
menimbulkan kebakaran besar di Roma. Jadi, untuk menghentikan
desas-desus itu, dia mengalihkan tuduhan dengan memfitnah dan menghukum
dengan siksaan paling keji terhadap orang-orang yang disebut Kristen,
yang dibenci oleh karena kejahatannya. Kristus, yang menjadi pendiri
kepercayaan itu, telah dihukum mati oleh Pontius Pilatus, wali-negeri
Yudea di bawah pemerintahan Tiberius: tapi kepercayaan tahayul yang
merusak itu, setelah mereda untuk sementara, bangkit kembali, bukan
hanya di Yudea, di mana kejahilan itu berasal, tapi juga di seluruh Kota
Roma." Annals XV. 44
Tacitus menyinggung lebih jauh tentang kekristenan dalam
fragmen-fragmen tulisannya Histories, ketika mengupas tentang pembakaran
Bait Allah Yerusalem pada tahun 70 M, yang diabadikan oleh Sulpicius
Severns (Chron. ii. 30.6).
b. LUCIANUS (dari Samosata)
Seorang satiris dari abad ke-2, yang berbicara dengan sinis tentang
Kristus dan kekristenan. Dia mengaitkan Yesus dengan sinagoge-sinagoge
di Palestina dan menyebut Kristus sebagai ".
. . orang yang disalibkan di Palestina karena memperkenalkan aliran
kepercayaan baru ini kepada dunia . . . Selanjutnya, pemimpin mereka
yang pertama-tama meyakinkan bahwa mereka semua adalah saling
bersaudara setelah mereka menyeberang sekali dan untuk selama-lamanya
dengan menyangkal dewa-dewa Yunani dan menyembah pecundang yang
disalibkan itu sendiri serta menaati hukum-hukumnya" The Passing Peregrinus.
Lucianus juga beberapa kali menyinggung tentang orang-orang Kristen dalam bukunya Alexander the False Prophet, unit 25 dan 29
c. FLAVIUS JOSEPHUS (lahir 37 M)
Seorang sejarawan Yahudi yang menjadi seorang Farisi pada usia 19
tahun; pada tahun 66 M dia menjadi komandan pasukan Yahudi di Galilea.
Setelah tertangkap dia ditempatkan di markas besar Romawi. Berikut
adalah kata-katanya yang banyak dikutip dan diperdebatkan:
"Pada masa inilah Yesus, seorang
manusia bijaksana, kalau boleh disebut manusia, karena dia adalah pelaku
berbagai perbuatan yang luar biasa, pengajar orang-orang yang menerima
kebenaran dengan sukacita. Dia telah menarik banyak orang Yahudi, maupun
orang bukan Yahudi. Dia adalah Kristus, dan ketika Pilatus, atas
desakan orang-orang penting di antara kita, telah menghukumnya di kayu
salib, mereka yang mengasihinya sejak semula tidak melupakan Dia; karena
Dia telah menampakkan diri lagi kepada mereka dalam keadaan hidup pada
hari yang ketiga; sebagaimana yang telah diramalkan oleh para nabi Allah,
sama seperti puluhan ribu hal lainnya tentang Dia. Dan kaum Kristen,
yang dinamai demikian menurut nama-Nya, belum juga punah sampai hari
ini." Antiquities. xviii.33. (Awal abad kedua) .
Teks Arab dari perikop di atas adalah sebagai berikut:
''Pada masa ini hiduplah seorang pria
bijaksana bernama Yesus. Prilakunya baik, dan (Dia) dikenal hidup suci.
Banyak orang, baik Yahudi maupun bangsa-bangsa lain yang menjadi
murid-Nya.
Pilatus menghukum-Nya untuk disalibkan sampai mati. Dan mereka yang telah menjadi murid-Nya tetap setia kepada-Nya. Kata mereka, Dia telah menampakkan diri kepada mereka tiga hari setelah disalibkan, bahwa Dia hidup; jadi mungkin Dia adalah Mesias yang tentang-Nya para nabi telah memberitakan berbagai keajaiban."
Pilatus menghukum-Nya untuk disalibkan sampai mati. Dan mereka yang telah menjadi murid-Nya tetap setia kepada-Nya. Kata mereka, Dia telah menampakkan diri kepada mereka tiga hari setelah disalibkan, bahwa Dia hidup; jadi mungkin Dia adalah Mesias yang tentang-Nya para nabi telah memberitakan berbagai keajaiban."
Perikop di atas ditemukan dalam naskah Arab yang berjudul:
"Kitab AI-Unwan AI-Mukallal Bi-Fadail Al-Hikma Al-Mutawwaj Bi-Anwa
Al-Falsafa AI-Manduh Bi-Haqaq AI-Marifa." Terjemahannya kira-kira
adalah: Kitab Sejarah yang Dituntun oleh Segala Unsur Kebijaksanaan.
Disempumakan oleh Filosofi dan Diperkaya oleh Kebenaran dan
Pengetahuan."
Naskah di atas yang digubah oleh Uskup Apapius pada abad ke-l0
berisi sebuah unit yang dibuka dengan kata-kata: "Kami temukan dalam
banyak buku karangan para ahli filsafat bahwa mereka menyinggung tentang
hari ketika Kristus disalibkan." Lalu dia memberikan beberapa kutipan
dari beberapa pengarang kuno. Ada yang sudah dikenal oleh para
cendekiawan modem ada yang belum. 8/hlm.
Kita juga menemukan rujukan kepada Yakobus saudara Yesus dalam tulisan Josephus. Dalam Antiquities XX 9:1 dia menggambarkan perbuatan imam agung Ananus:
"Tetapi Ananus Yr (yang lebih muda), seperti yang kami katakan, diangkat menjadi imam agung; mempunyai watak yang berani dan agak nekad; dia menganut aliran Saduki, yang paling keras dalam menjalankan hukum di antara orang Yahudi, sebagaimana yang telah kami tunjukkan. Jadi, karena Ananus telah memegang kekuasaan itu, dia berpikir bahwa sekaranglah saat yang paling tepat, setelah Festus wafat, dan selagi Albinus masih dalam perjalanan; maka dia membentuk dewan hakim, dan membawa ke hadapan mereka saudara Yesus yang disebut Kristus, yang namanya adalah Yakobus, serta beberapa orang lainnya, dan menuduh mereka sebagai pelanggar hukum, dan menyuruh agar mereka semua dilontari batu." 2/107
d. SUETONIUS (120 M)
Juga seorang sejarawan Roma, pejabat istana di bawah Hadrianus, penulis sejarah Imperial House. Dia mengatakan: "Karena orang-orang Yahudi terus menimbulkan kerusuhan atas hasutan Chrestus (ejaan lain dari Kristus), mereka diusir dari Roma." Life of Claudius, 25.4
Dia juga menulis: "Nero menjatuhkan hukuman ke atas orang-orang Kristen, yaitu sekelompok orang yang menganut suatu tahayul baru yang jahat." Lives of the Caesars, 26.2
e. PLINIUS SECUNDUS (Plinius Yr)
Sebagai Gubernur Bitinia di Asia Kecil (112 M), Plinius menulis kepada Kaisar Trayanus meminta pendapat tentang bagaimana harus memperlakukan orang-orang Kristen.
Plinius menjelaskan bagaimana dia telah membunuh baik lelaki maupun wanita, anak lelaki atau anak perempuan. Sudah begitu banyak yang dibunuhnya sehingga dia ragu apakah dia harus terus rnembunuh mereka yang kedapatan sebagai orang Kristen, atau hanya membunuh orang-orang tertentu saja. Plinius menjelaskan bagaimana dia telah memaksa orang-orang Kristen untuk menyembah patung-patung Trayanus. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa dia juga telah "memaksa mereka menyumpahi Kristus, yang tak mungkin dilakukan seorang Kristen sejati."
"Tetapi Ananus Yr (yang lebih muda), seperti yang kami katakan, diangkat menjadi imam agung; mempunyai watak yang berani dan agak nekad; dia menganut aliran Saduki, yang paling keras dalam menjalankan hukum di antara orang Yahudi, sebagaimana yang telah kami tunjukkan. Jadi, karena Ananus telah memegang kekuasaan itu, dia berpikir bahwa sekaranglah saat yang paling tepat, setelah Festus wafat, dan selagi Albinus masih dalam perjalanan; maka dia membentuk dewan hakim, dan membawa ke hadapan mereka saudara Yesus yang disebut Kristus, yang namanya adalah Yakobus, serta beberapa orang lainnya, dan menuduh mereka sebagai pelanggar hukum, dan menyuruh agar mereka semua dilontari batu." 2/107
d. SUETONIUS (120 M)
Juga seorang sejarawan Roma, pejabat istana di bawah Hadrianus, penulis sejarah Imperial House. Dia mengatakan: "Karena orang-orang Yahudi terus menimbulkan kerusuhan atas hasutan Chrestus (ejaan lain dari Kristus), mereka diusir dari Roma." Life of Claudius, 25.4
Dia juga menulis: "Nero menjatuhkan hukuman ke atas orang-orang Kristen, yaitu sekelompok orang yang menganut suatu tahayul baru yang jahat." Lives of the Caesars, 26.2
e. PLINIUS SECUNDUS (Plinius Yr)
Sebagai Gubernur Bitinia di Asia Kecil (112 M), Plinius menulis kepada Kaisar Trayanus meminta pendapat tentang bagaimana harus memperlakukan orang-orang Kristen.
Plinius menjelaskan bagaimana dia telah membunuh baik lelaki maupun wanita, anak lelaki atau anak perempuan. Sudah begitu banyak yang dibunuhnya sehingga dia ragu apakah dia harus terus rnembunuh mereka yang kedapatan sebagai orang Kristen, atau hanya membunuh orang-orang tertentu saja. Plinius menjelaskan bagaimana dia telah memaksa orang-orang Kristen untuk menyembah patung-patung Trayanus. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa dia juga telah "memaksa mereka menyumpahi Kristus, yang tak mungkin dilakukan seorang Kristen sejati."
Dalam surat yang sama dia mengatakan tentang orang-orang yang diadili:
"Namun terbukti bahwa semua kesalahan
mereka, kekeliruan mereka adalah bahwa mereka mempunyai kebiasaan untuk
berkumpul pada hari-hari tertentu sebelum hari terang. Mereka akan
menyanyikan lagu-Iagu pujian kepada Kristus seperti kepada dewa, dan
mengikat sumpah dengan sungguh-sungguh bukan untuk melakukan suatu
kejahatan, tetapi untuk tidak menipu, mencuri, berzina, bersumpah palsu,
tidak berkhianat bila mereka harus mempertanggung-jawabkannya." Epistles X.9
f. TERTULIANUS
Ahli teologi dan hukum dari Karthage. Dalam pembelaannya terhadap kekristenan (197 M) di depan penguasa Roma di Afrika, dia menyinggung tentang perbedaan pendapat di antara Tiberius dan Pontius Pilatus:
"Pada masa ketika nama Kristen mulai muncul di dunia, Tiberius yang telah menerima kebenaran tentang keilahian Kristus, membawa perkara ini ke hadapan senat, disertai keputusannya sendiri untuk membela Kristus. Karena ia sendiri tidak menyetujuinya, senat menolak usulan Tiberius. Kaisar tetap berpegang pada pendapatnya, dan mengancam mereka yang mendakwa orang-orang Kristen (Apology, V.2). Beberapa sejarawan meragukan nilai sejarah dari perikop ini. Juga, Cr. Justinus Martyr, Apology, 1.35.
g. THALLUS (Sejarawanketurunan Samaria)
Salah seorang penulis bukan Yahudi yang pertama-tama menyinggung tentang Kristus adalah Thallus yang menulis pada tahun 52 M. Namun tulisan aslinya sudah musnah dan kita mengetahui tulisannya hanya melalui beberapa kutipan oleh pengarang-pengarang lain. Salah seorang di antaranya adalah Julius Africanus, seorang pengarang Kristen yang hidup sekitar tahun 221 M. Dalam sebuah paragraf yang sangat menarik dia menyinggung tentang komentar Thallus. Julius Africanus menulis:
"Thallus, dalam buku sejarahnya yang ketiga, menggambarkan kegelapan ini seperti suatu gerhana matahari - sesuatu yang kurasa tidak masuk akal' (tentu saja tidak masuk akal, karena gerhana matahari tidak dapat terjadi pada saat bulan purnama, dan pada masa Paskah ketika bulan sedang purnama Kristus wafat)."
Jadi, dari sumber ini kita dapat melihat bahwa berita Injil tentang kegelapan yang meliputi daerah itu pada saat Yesus disalibkan juga diketahui banyak orang dan menuntut penjelasan alamiah dari orang-orang tidak percaya yang turut menyaksikannya. 2/113
h. PHLEGON (Sejarawan abad pertama)
Kitab Tawarikhnya sudah hilang, tapi sebuah kutipan kecil dari karyanya, yang menegaskan tentang kegelapan yang meliputi bumi pada saat penyaliban, juga disinggung oleh Julius Africanus. Setelah komentarnya (Africanus) tentang tidak masuk akalnya pendapat Thallus tentang kegelapan itu, dia mengutip Phlegon yang mengatakan bahwa "pada masa Kaisar Tiberius sebuah gerhana matahari terjadi pada masa bulan purnama." 7/IIB, bagian 256 fl6, hlm, 1165
Phlegon juga disebut-sebut oleh Origenes dalam Contra Celsum, Buku ke 2, bagian 14, 33, 59.
Philopon (De. opif. mund. II 21) mengatakan: "Dan mengenai kegelapan ini ... Phlegon mengenangnya dalam Olympiads (judul buku sejarahnya)." Dia berkata bahwa "Phlegon berbicara tentang gerhana matahari yang terjadi pada waktu penyaliban Tuhan Kristus, dan bukan yang lain (gerhana), jelas sekali bahwa dia tidak mengetahui dari sumbernya sendiri tentang gerhana lain (yang serupa) pada masa-masa sebelumnya . . . dan hal ini ditunjukkan dalam catatan sejarah itu sendiri tentang Kaisar Tiberius." 41IIB, bagian 257 fl6, c, hlm, 1165.
i. SURAT MARA BAR-SERAPION
F. F. Bruce mencatat bahwa: " . . . di British Museum ada sebuah naskah menarik yang memuat sebuah surat yang ditulis setelah tahun 73 M, tetapi kapan tepatnya tidak diketahui. Surat ini dikirim oleh seorang Siria bernama Mara Bar-Serapion kepada putranya Serapion, Pada saat itu Mara Bar-Serapion sedang berada dalam penjara, tetapi dia menulis untuk meneguhkan putranya agar terus mencari kebijaksanaan, dan menunjukkan bahwa mereka yang menganiaya orang bijaksana akan ditimpa kemalangan. Dia memberi contoh kematian Socrates, Phytagoras, dan Kristus: ''Keuntungan apa yang diperoleh orang-orang Athena dengan membunuh Socrates? Bencana kelaparan dan wabah penyakit menimpa mereka sebagai hukuman atas kejahatan mereka. Keuntungan apa yang diperoleh orang-orang di Samos dengan membakar Phytagoras? Dalam sekejap tanah mereka diliputi oleh pasir. Keuntungan apa yang diperoleh orang-orang Yahudi dengan membunuh Raja mereka yang bijaksana? Tidak lama setelah itu kerajaan mereka dihancurkan. Allah telah membalas kematian ketiga orang bijaksana ini dengan adil: orang-orang Athena mati kelaparan; orang-orang Samos ditelan samudra; orang-orang Yahudi, kalah perang dan terusir dari tanah airnya, terpencar ke seluruh dunia. Tetapi Socrates tidak binasa; dia hidup dalam ajaran Plato. Phytagoras tidak binasa; dia hidup dalam patung Hera. Begitu pula sang Raja bijaksana tidak binasa; Dia hidup dalam ajaran yang diberikan-Nya.'" 2/114
j. JUSTINUS MARTYR
Sekitar tahun 150 M, Justinus Martyr, dalam Defence of Christianity yang ditujukan kepada Kaisar Antonius Pius, mengingatkan Kaisar pada 1aporan Pilatus, yang menurut Justinus pasti tersimpan dalam arsip kerajaan. Tetapi kata-kata, "Mereka menikam tangan dan kakiku," katanya, "menjelaskan tentang paku-paku yang tertancap di tangan dan kaki-Nya ke kayu salib; dan setelah Dia disalibkan, mereka yang menyalibkan-Nya membuang undi atas pakaiannya, dan membagi-baginya di antara mereka; dan bahwa hal ini adalah benar, Anda dapat melihatnya dalam "Kisah" yang dicatat dalam pemerintahan Pontius Pilatus." Selanjutnya dia berkata: "Bahwa Dia telah melakukan mukjizat-mukjizat, Anda dapat memeriksanya dalam 'Kisah' Pontius Pilatus." Apology, 1.48
Elgin Moyer, dalam Who Was Who in Church History, melukiskan Justinus sebagai " ... ahli filsafat, martir,' apologis (orang yang membuat pembelaan bagi suatu keyakinan dan lain-lain), yang dilahirkan di Flavia Neapolis. Berpendidikan tinggi, dan tampaknya mempunyai cukup sarana untuk mendukung penelitian dan perjalanannya. Sebagai seorang yang haus pada kebenaran, dia telah menimba banyak pengetahuan tentang Stoicisme, Aristotelisme, Phytagoreanisme, dan Platonisme, tetapi membenci Epicureanisme. Pada masa-masa itu dia mempunyai hubungan yang cukup dekat dengan orang-orang Yahudi, tapi tidak tertarik pada agama mereka. Rupanya dia paling condong pada Platonisme dan mengira bahwa dia sudah hampir mencapai tujuan filosofinya: 'melihat Allah', ketika suatu hari selagi berjalan-jalan seorang diri di tepi pantai, ahli filsafat muda itu bertemu dengan seorang Kristen tua yang tampak agung, berwajah menyenangkan dan lembut berwibawa. Orang Kristen yang rendah hati ini menggoyahkan kepercayaannya pada kebijaksanaan manusia, dan menunjukan nabi-nabi Yahudi 'orang-orang yang hidup jauh sebelum semua ahli filsafat yang mulia, yang telah meramalkan kedatangan Kristus dalam semua tulisan dan ajarannya . . . ' Mengikuti nasihat orang tua ini, penganut Platonisme yang bersemangat ini menjadi seorang Kristen yang percaya. Katanya, 'Aku mendapatkan bahwa inilah satu-satunya filosofi yang aman dan menguntungkan.' Setelah pertobatannya, yang terjadi pada usia mudanya, dia membaktikan seluruh hidupnya pada pembelaan dan penyebaran agama Kristen." 7/227
k. TALMUD YAHUDI
Tol'doth Yeshu. Yesus disebut sebagai "Ben Pandera."
Talmud Babilonia. (Memberi pendapat orang: orang Amori) menulis: " ... dan menggantung dia pada hari menjelang Paskah."
Talmud memberikan sebutan kepada Yesus: "Ben Pandera (atau 'Ben Pantere')" dan "Yeshu ben Pandera." Banyak cendekiawan mengatakan "pandera" adalah suatu permainan kata, suatu plesetan dari kata Yunani untuk perawan "parthenos," untuk menyebut-Nya "putra seorang perawan." Joseph Klausner, seorang Yahudi, mengatakan: "kelahiran Yesus yang di luar nikah adalah suatu masalah hangat di kalangan orang-orang Yahudi . "
Komentar yang terdapat dalam Baraila mempunyai nilai historis yang tinggi:
''Pada hari sebelum Paskah mereka menggantung Yeshu (dari Nazaret) dan selama 40 hari sebelumnya telah beredar pengumuman yang mengatakan bahwa (Yeshu dari Nazaret) akan dilontari batu karena dia telah melakukan sihir, telah menipu dan menyesatkan orang-orang Israel. Hendaknya setiap orang yang mempunyai pembelaan terhadap Dia, datang dan memohonkan pengampunan baginya. Tetapi karena tidak ada yang datang untuk membela Dia, maka mereka menyalibkannya pada hari menjelang Paskah'' (Sanhedrin; Babilonia 43a). - "Hari menjelang Paskah."
Amoa 'Ulla' ("Ulla" adalah seorang murid R. Youchanan dan diam di Palestina pada akhir abad ketiga.) menambahkan:
"Dan apakah menurut Anda baginya (Yeshu dati Nazaret) ada hak untuk memohon pengampunan? Dia adalah seorang penipu, dan Yang Maha Pemurah telah mengatakan: "Janganlah engkau mengampuni atau melindunginya." Tapi entah dengan Yeshu, karena dia dekat dengan pemerintah sipil."
Penguasa Yahudi tidak menyangkal bahwa Yesus telah melakukan tanda-tanda dan mukjizat (Matius 9:34; 12:24; Markus 3:22) tapi mereka menghubungkannya dengan perbuatan sihir, 5/23
"Talmud," tulis cendekiawan Yahudi Joseph Klausner:
"memakai istilah menggantung bukan menyalibkan, karena hukuman mati ala Roma yang mengerikan ini hanya dikenal oleh cendekiawan Yahudi dari pengadilan-pengadilan Roma, dan tidak terdapat dalam sistem hukum Yahudi. Bahkan Rasul Paulus (Galatia 3:13) menerapkan nas "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib" (UIangan 21:23) pada Yesus." 5/28
Sanhedrin 43a juga menyebut-nyebut tentang asal-usul Yesus.
Yeb. IV 3; 49a: "R. Shimeon ben Azzai berkata (tentang Yesus): 'AIm menemukan sebuah gulungan silsilah di Yerusalem di dalamnya tercatat, Dia itu tiada lain seorang anak haram, anak penzina. '"
f. TERTULIANUS
Ahli teologi dan hukum dari Karthage. Dalam pembelaannya terhadap kekristenan (197 M) di depan penguasa Roma di Afrika, dia menyinggung tentang perbedaan pendapat di antara Tiberius dan Pontius Pilatus:
"Pada masa ketika nama Kristen mulai muncul di dunia, Tiberius yang telah menerima kebenaran tentang keilahian Kristus, membawa perkara ini ke hadapan senat, disertai keputusannya sendiri untuk membela Kristus. Karena ia sendiri tidak menyetujuinya, senat menolak usulan Tiberius. Kaisar tetap berpegang pada pendapatnya, dan mengancam mereka yang mendakwa orang-orang Kristen (Apology, V.2). Beberapa sejarawan meragukan nilai sejarah dari perikop ini. Juga, Cr. Justinus Martyr, Apology, 1.35.
g. THALLUS (Sejarawanketurunan Samaria)
Salah seorang penulis bukan Yahudi yang pertama-tama menyinggung tentang Kristus adalah Thallus yang menulis pada tahun 52 M. Namun tulisan aslinya sudah musnah dan kita mengetahui tulisannya hanya melalui beberapa kutipan oleh pengarang-pengarang lain. Salah seorang di antaranya adalah Julius Africanus, seorang pengarang Kristen yang hidup sekitar tahun 221 M. Dalam sebuah paragraf yang sangat menarik dia menyinggung tentang komentar Thallus. Julius Africanus menulis:
"Thallus, dalam buku sejarahnya yang ketiga, menggambarkan kegelapan ini seperti suatu gerhana matahari - sesuatu yang kurasa tidak masuk akal' (tentu saja tidak masuk akal, karena gerhana matahari tidak dapat terjadi pada saat bulan purnama, dan pada masa Paskah ketika bulan sedang purnama Kristus wafat)."
Jadi, dari sumber ini kita dapat melihat bahwa berita Injil tentang kegelapan yang meliputi daerah itu pada saat Yesus disalibkan juga diketahui banyak orang dan menuntut penjelasan alamiah dari orang-orang tidak percaya yang turut menyaksikannya. 2/113
h. PHLEGON (Sejarawan abad pertama)
Kitab Tawarikhnya sudah hilang, tapi sebuah kutipan kecil dari karyanya, yang menegaskan tentang kegelapan yang meliputi bumi pada saat penyaliban, juga disinggung oleh Julius Africanus. Setelah komentarnya (Africanus) tentang tidak masuk akalnya pendapat Thallus tentang kegelapan itu, dia mengutip Phlegon yang mengatakan bahwa "pada masa Kaisar Tiberius sebuah gerhana matahari terjadi pada masa bulan purnama." 7/IIB, bagian 256 fl6, hlm, 1165
Phlegon juga disebut-sebut oleh Origenes dalam Contra Celsum, Buku ke 2, bagian 14, 33, 59.
Philopon (De. opif. mund. II 21) mengatakan: "Dan mengenai kegelapan ini ... Phlegon mengenangnya dalam Olympiads (judul buku sejarahnya)." Dia berkata bahwa "Phlegon berbicara tentang gerhana matahari yang terjadi pada waktu penyaliban Tuhan Kristus, dan bukan yang lain (gerhana), jelas sekali bahwa dia tidak mengetahui dari sumbernya sendiri tentang gerhana lain (yang serupa) pada masa-masa sebelumnya . . . dan hal ini ditunjukkan dalam catatan sejarah itu sendiri tentang Kaisar Tiberius." 41IIB, bagian 257 fl6, c, hlm, 1165.
i. SURAT MARA BAR-SERAPION
F. F. Bruce mencatat bahwa: " . . . di British Museum ada sebuah naskah menarik yang memuat sebuah surat yang ditulis setelah tahun 73 M, tetapi kapan tepatnya tidak diketahui. Surat ini dikirim oleh seorang Siria bernama Mara Bar-Serapion kepada putranya Serapion, Pada saat itu Mara Bar-Serapion sedang berada dalam penjara, tetapi dia menulis untuk meneguhkan putranya agar terus mencari kebijaksanaan, dan menunjukkan bahwa mereka yang menganiaya orang bijaksana akan ditimpa kemalangan. Dia memberi contoh kematian Socrates, Phytagoras, dan Kristus: ''Keuntungan apa yang diperoleh orang-orang Athena dengan membunuh Socrates? Bencana kelaparan dan wabah penyakit menimpa mereka sebagai hukuman atas kejahatan mereka. Keuntungan apa yang diperoleh orang-orang di Samos dengan membakar Phytagoras? Dalam sekejap tanah mereka diliputi oleh pasir. Keuntungan apa yang diperoleh orang-orang Yahudi dengan membunuh Raja mereka yang bijaksana? Tidak lama setelah itu kerajaan mereka dihancurkan. Allah telah membalas kematian ketiga orang bijaksana ini dengan adil: orang-orang Athena mati kelaparan; orang-orang Samos ditelan samudra; orang-orang Yahudi, kalah perang dan terusir dari tanah airnya, terpencar ke seluruh dunia. Tetapi Socrates tidak binasa; dia hidup dalam ajaran Plato. Phytagoras tidak binasa; dia hidup dalam patung Hera. Begitu pula sang Raja bijaksana tidak binasa; Dia hidup dalam ajaran yang diberikan-Nya.'" 2/114
j. JUSTINUS MARTYR
Sekitar tahun 150 M, Justinus Martyr, dalam Defence of Christianity yang ditujukan kepada Kaisar Antonius Pius, mengingatkan Kaisar pada 1aporan Pilatus, yang menurut Justinus pasti tersimpan dalam arsip kerajaan. Tetapi kata-kata, "Mereka menikam tangan dan kakiku," katanya, "menjelaskan tentang paku-paku yang tertancap di tangan dan kaki-Nya ke kayu salib; dan setelah Dia disalibkan, mereka yang menyalibkan-Nya membuang undi atas pakaiannya, dan membagi-baginya di antara mereka; dan bahwa hal ini adalah benar, Anda dapat melihatnya dalam "Kisah" yang dicatat dalam pemerintahan Pontius Pilatus." Selanjutnya dia berkata: "Bahwa Dia telah melakukan mukjizat-mukjizat, Anda dapat memeriksanya dalam 'Kisah' Pontius Pilatus." Apology, 1.48
Elgin Moyer, dalam Who Was Who in Church History, melukiskan Justinus sebagai " ... ahli filsafat, martir,' apologis (orang yang membuat pembelaan bagi suatu keyakinan dan lain-lain), yang dilahirkan di Flavia Neapolis. Berpendidikan tinggi, dan tampaknya mempunyai cukup sarana untuk mendukung penelitian dan perjalanannya. Sebagai seorang yang haus pada kebenaran, dia telah menimba banyak pengetahuan tentang Stoicisme, Aristotelisme, Phytagoreanisme, dan Platonisme, tetapi membenci Epicureanisme. Pada masa-masa itu dia mempunyai hubungan yang cukup dekat dengan orang-orang Yahudi, tapi tidak tertarik pada agama mereka. Rupanya dia paling condong pada Platonisme dan mengira bahwa dia sudah hampir mencapai tujuan filosofinya: 'melihat Allah', ketika suatu hari selagi berjalan-jalan seorang diri di tepi pantai, ahli filsafat muda itu bertemu dengan seorang Kristen tua yang tampak agung, berwajah menyenangkan dan lembut berwibawa. Orang Kristen yang rendah hati ini menggoyahkan kepercayaannya pada kebijaksanaan manusia, dan menunjukan nabi-nabi Yahudi 'orang-orang yang hidup jauh sebelum semua ahli filsafat yang mulia, yang telah meramalkan kedatangan Kristus dalam semua tulisan dan ajarannya . . . ' Mengikuti nasihat orang tua ini, penganut Platonisme yang bersemangat ini menjadi seorang Kristen yang percaya. Katanya, 'Aku mendapatkan bahwa inilah satu-satunya filosofi yang aman dan menguntungkan.' Setelah pertobatannya, yang terjadi pada usia mudanya, dia membaktikan seluruh hidupnya pada pembelaan dan penyebaran agama Kristen." 7/227
k. TALMUD YAHUDI
Tol'doth Yeshu. Yesus disebut sebagai "Ben Pandera."
Talmud Babilonia. (Memberi pendapat orang: orang Amori) menulis: " ... dan menggantung dia pada hari menjelang Paskah."
Talmud memberikan sebutan kepada Yesus: "Ben Pandera (atau 'Ben Pantere')" dan "Yeshu ben Pandera." Banyak cendekiawan mengatakan "pandera" adalah suatu permainan kata, suatu plesetan dari kata Yunani untuk perawan "parthenos," untuk menyebut-Nya "putra seorang perawan." Joseph Klausner, seorang Yahudi, mengatakan: "kelahiran Yesus yang di luar nikah adalah suatu masalah hangat di kalangan orang-orang Yahudi . "
Komentar yang terdapat dalam Baraila mempunyai nilai historis yang tinggi:
''Pada hari sebelum Paskah mereka menggantung Yeshu (dari Nazaret) dan selama 40 hari sebelumnya telah beredar pengumuman yang mengatakan bahwa (Yeshu dari Nazaret) akan dilontari batu karena dia telah melakukan sihir, telah menipu dan menyesatkan orang-orang Israel. Hendaknya setiap orang yang mempunyai pembelaan terhadap Dia, datang dan memohonkan pengampunan baginya. Tetapi karena tidak ada yang datang untuk membela Dia, maka mereka menyalibkannya pada hari menjelang Paskah'' (Sanhedrin; Babilonia 43a). - "Hari menjelang Paskah."
Amoa 'Ulla' ("Ulla" adalah seorang murid R. Youchanan dan diam di Palestina pada akhir abad ketiga.) menambahkan:
"Dan apakah menurut Anda baginya (Yeshu dati Nazaret) ada hak untuk memohon pengampunan? Dia adalah seorang penipu, dan Yang Maha Pemurah telah mengatakan: "Janganlah engkau mengampuni atau melindunginya." Tapi entah dengan Yeshu, karena dia dekat dengan pemerintah sipil."
Penguasa Yahudi tidak menyangkal bahwa Yesus telah melakukan tanda-tanda dan mukjizat (Matius 9:34; 12:24; Markus 3:22) tapi mereka menghubungkannya dengan perbuatan sihir, 5/23
"Talmud," tulis cendekiawan Yahudi Joseph Klausner:
"memakai istilah menggantung bukan menyalibkan, karena hukuman mati ala Roma yang mengerikan ini hanya dikenal oleh cendekiawan Yahudi dari pengadilan-pengadilan Roma, dan tidak terdapat dalam sistem hukum Yahudi. Bahkan Rasul Paulus (Galatia 3:13) menerapkan nas "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib" (UIangan 21:23) pada Yesus." 5/28
Sanhedrin 43a juga menyebut-nyebut tentang asal-usul Yesus.
Yeb. IV 3; 49a: "R. Shimeon ben Azzai berkata (tentang Yesus): 'AIm menemukan sebuah gulungan silsilah di Yerusalem di dalamnya tercatat, Dia itu tiada lain seorang anak haram, anak penzina. '"
Klausner menambahkan: "Edisi baru dari Misynah menambahkan: 'untuk mendukung kata-kata R. Yehoshua' (yang, dalam Misynah yang sama, mengatakan: "Apakah anak haram itu? Mereka yang orang tuanya layak dijatuhi hukuman mati oleh Beth Din"). Bahwa yang dimaksud di sini adalah Yesus rasanya tidak perlu diragukan lagi . . . " 5/35
Sebuah Baraita kuno, di mana R. Eliezer menjadi tokoh utamanya, menyebut-nyebut nama Yesus. Tanda kurung di sini memang asli ada dalam kutipannya. Eliezer berkata: "Dia menjawab, Akibat engkau telah mengingatkan aku! Suatu ketika aku pernah berjalan-jalan di pasar atas (dalam Tosefta 'jalan') di Sepphoris dan bertemu dengan seseorang [Yesus dari Nazaret) dan Yacob dari Kefar Sekanya (dalam Tosefta 'Sakkanin') adalah namanya Dia berkata kepadaku, dalam Hukummu ada tertulis, 'Janganlah engkau membawa upah persundalan, dan lain-lain.' Jadi, apa yang harus dilakukan dengannya - kakus untuk Imam Agung? Tetapi aku tidak menjawab sepatah kata pun. Dia berkata kepadaku, begitulah [Yesus dari Nazaret] mengajarku [dalam Tosefta 'Jeshu bin Pantere']; 'Dari upah persundalan dia mendapatkannya, dan akan kembali kepada upah persundalan'; karena dari tempat yang kotor mereka berasal, maka ke tempat kotorlah mereka akan kembali. Dan peribahasa itu menyenangkan hatiku, dan oleh karenanya aku ditangkap untuk Minuth. Dan aku telah melanggar apa yang tertulis dalam Hukum; 'Jauhkanlah dirimu dari tempat ini' - itulah Minuth; dan 'Janganlah engkau mendekati' ambang pintu rumahnya' - Itulah peraturan pemerintah." 5/38
Tanda-tanda kurung di atas diketemukan dalam Dikduke So! rim to Abada Zara (Naskah Munich, ed. Rabinovitz).
Klausner dalam mengomentari paragrap di atas, mengatakan: "Tidak dapat diragukan bahwa kata-kata, 'seorang murid Yesus dari Nazaret,' dan 'begitulah Yesus dari Nazaret mengajarku,' dalam paragrap yang sekarang adalah sama tuanya dengan bagian yang lain dan mempunyai bagian yang mendasar dalam konteks ceritanya; dan sifat kekunoannya tidak dapat disangkal berdasarkan perbedaan kecil dengan paragrap yang sama dari naskah yang lain; perbedaan itu ('Yeshu ben' Pantere' atau 'Yeshu ben Pandera,' sebagai ganti dari 'Yeshu of Nazaret') hanya disebabkan oleh kenyataan bahwa, sejak semula, nama 'Pantere,' atau 'Pandera,' telah dikenal luas di kalangan orang Yahudi sebagai ayah Yesus." 5/38
l. ENCYCLOPAEDIA BRITANNICA
Edisi terbaru Encyclopaedia of Britannica memakai lebih dari 20.000 kata untuk menjelaskan tentang orang ini, Yesus. Penjelasan tentang Yesus jauh lebih panjang daripada tentang Aristoteles, Cicero, Alexander, Julius Caesar, Buddha, Confucius, Mohamad atau Napoleon Bonaparte.
Tentang banyaknya kesaksian bebas dunia sekular tentang Yesus dari Nazaret, ia mencatat:
"Kesaksian-kesaksian bebas ini menunjukkan bahwa dalam zaman kuno bahkan musuh-musuh agama Kristen pun tidak pemah meragukan kesejarahan Yesus, yang baru mulai diragukan oleh beberapa penulis tanpa dasar yang kuat pada akhir abad ke-l8, selama abad ke-19 dan awal abad ke-20." 3/145
BIBLIOGRAFI :
1. Betz, Otto. What Do We Know About Jesus? , SCM Press, 1968.
2. Bruce, F. F. The New Testament Documents: Are They Reliable? Edisi yang direvisi yang kelima. Downers Grove: Inter-Varsity Press, 1972. Digunakan dengan izin.
3. Encyclopaedia Britannica. Edisi ke-15, 1974.
4. Jacoby, Felix. Die Fragmente der Griechischen Historiker. Berlin: Wiedmann, 1923.
5. Klausner, Joseph. Jesus of Nazareth. New York: The Macmillan Company, 1925.
6. Montgomery, John Warwick. History and Christianity. Downers Grove: Inter-Varsity Press, 1964. Digunakan dengan izin.
7. Moyer, Elgin. Who Was Who in Church History. Chicago: Moody Press. 1968. '
8. Pines, Shlomo, Profesor Filsafat Universitas Ibrani, Ycrusalcm; David Flusser, profesor Universitas Ibrani, dalam press release New York Times, 12 Februari 1972, dimuat oleh Palm Beach Post-Times, Minggu, 13 Februari 1972, "CHRIST DOCUMENTATION: Para Cendekiawan Israel Menemukan Dokumen-Dokumen Kuno yang Mereka Rasa Menegaskan Keberadaan Yesus."
Disalin dari :
Josh Mc Dowell, APOLOGETIKA : Bukti yang Meneguhkan Kebenaran Alkitab, Vo. 1, p 137-147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar