Kamis, 27 Desember 2012

Sepuluh Perintah Berbahagia (4) / Khotbah di Atas Bukit

Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.

Orang yang lapar dan haus akan kebenaran adalah orang yang senantiasa mengusahakan hidupnya sesuai dengan firman  Tuhan (Mat. 4:4), karena Tuhan sendiri adalah sumber kebenaran (Yoh. 14:6). Dengan tindakannya itu, ia dapat berjalan  selangkah demi selangkah  di jalan Tuhan (Mzm. 119:105) untuk menuju kepada Kerajaan Allah yang kekal.

Mat. 4:4  Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."

Yoh. 14:6   Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Mzm. 119:105  Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

Orang yang lapar dan haus akan kebenaran menunjuk pada seorang yang beriman yang hidup menurut imannya itu. Ia mau merespon firman Tuhan yang diterimanya dan segera melakukannya dengan sepenuh hati. Ia melakukannya seperti seorang yang kelaparan mendapat makan atau seperti seorang yang kehausan mendapat air minum; ia akan segera makan dan minum dengan lahap.
Roti adalah makanan pokok bagi orang Israel, dan manusia membutuhkan makanan itu untuk dapat hidup dengan sehat; bagi anak-anak agar dapat bertumbuh menjadi dewasa, dan bagi orang dewasa agar mendapat tenaga untuk beraktivitas dan bekerja. Roti atau makanan berguna untuk hidup manusia secara jasmani, tetapi firman Tuhan berguna untuk kehidupan rohani seorang beriman, karena roh manusia merupakan pribadi sejati dari manusia. Roh manusia juga mengalami pertumbuhan seperti halnya jasmaninya, maka ia juga memerlukan makanan yang akan menjadikannya sehat dan dapat bertumbuh dewasa dengan baik. Seorang beriman yang memperhatikan kehidupan rohaninya akan senantiasa menyediakan dirinya untuk menerima firman Tuhan, baik dalam keadaan bangun maupun dalam keadaan tidur (Mzm.1:2) , karena firman yang datang kepadanya dapat melalui pembacaan firman Tuhan, khotbah dalam ibadah, nubuat, penglihatan dalam doa (saat teduh), mendengar suara, atau mimpi dalam tidurnya; dan ia siap melakukannya dengan segera.

Mzm.1:1-3 Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil. 

Kebenaran yang ada pada manusia bersifat sementara, ia dikatakan benar selama belum ada yang dapat menyangkalnya atau menyanggahnya, tetapi ketika ada kebenaran baru yang dapat membuktikan bahwa apa yang dikatakan benar saat itu ternyata adalah salah atau tidak seutuhnya benar, maka kebenarannya akan digantikan dengan kebenaran yang baru. Sedangkan 'kebenaran' yang dari Allah bersifat absolut dan kekal, di dalam kebenaran yang dari Allah ini tidak terdapat kesalahan walaupun setitik atau sekecil apapun dan kebenaran dari Allah tidak pernah berubah sepanjang jaman ,sepanjang masa, sepanjang kehidupan manusia, sepanjang kehidupan alam raya dan sepanjang kehidupan alam roh di sorga. Karena Kebenaran itu adalah Tuhan sendiri yang datang dari Allah, yaitu Yesus Kristus, sang Juru Selamat manusia. 
Orang beriman yang hidup menurut firman yang diajarkan Tuhan Yesus Kristus akan mau memikul salibnya dan mengikuti cara hidup yang diajarkan Nya. Ia akan hidup dengan menggunakan imannya, seperti halnya seorang yang berjalan ditengah-tengah kegelapan dengan menggunakan pelita firman Tuhan untuk mencapai tujuan hidup kekal didalam Kerajaan Allah yang dijanjikanNya.
Orang beriman dalam perjalanan hidupnya selalu menggunakan iman, ia tidak kuatir akan hidupnya lagi, ia tidak kuatir akan apa yang akan ia makan dan minum; biarpun ia tidak tahu apa yang akan diberikan Tuhan kepadanya dan biarpun ia juga tidak tahu apa yang akan terjadi pada dirinya kelak. Orang beriman dalam perjalanan hidupnya selalu mengikuti firman yang diperolehnya, ia melangkah menuruti firman Tuhan selangkah demi selangkah. Ketika ia mendapat dan melangkah menuruti firman Tuhan ia akan diberikan firman lagi, demikian yang terjadi selanjutnya ia akan mendapat firman lagi setelah melangkah menuruti firman yang diperoleh sebelumnya; sampai suatu ketika dalam hidupnya ia tiba pada titik sempurna atau hampir sempurna, ia diubahkan tubuhnya dengan tubuh kemuliaan dan diangkat ke sorga (Kej.5:24; Ibr.11:5; 2Raj.2:11; Mrk.16:19) atau ia mendapat Baptisan Api (Kis.7:59-60; 12:1-2) dan menyerahkan nyawanya bagi Tuhan kemudian diangkat ke sorga untuk berkumpul bersama-sama dengan Tuhan Yesus Kristus dan orang-orang lain yang telah 'diangkat' Nya terlebih dahulu.

Kej.5:24 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah. 

Ibr.11:5 Karena iman Henokh terangkat, supaya ia tidak mengalami kematian, dan ia tidak ditemukan, karena Allah telah mengangkatnya. Sebab sebelum ia terangkat, ia memperoleh kesaksian, bahwa ia berkenan kepada Allah.

2 Raj.2:9-12. Dan sesudah mereka sampai di seberang, berkatalah Elia kepada Elisa: "Mintalah apa yang hendak kulakukan kepadamu, sebelum aku terangkat dari padamu." Jawab Elisa: "Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu." Berkatalah Elia: "Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi." Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai. Ketika Elisa melihat itu, maka berteriaklah ia: "Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!" Kemudian tidak dilihatnya lagi, lalu direnggutkannya pakaiannya dan dikoyakkannya menjadi dua koyakan.

Mrk.16:19. Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.

Kis.7:51-60. Hai orang-orang yang keras kepala dan yang tidak bersunat hati dan telinga, kamu selalu menentang Roh Kudus, sama seperti nenek moyangmu, demikian juga kamu.Siapakah dari nabi-nabi yang tidak dianiaya oleh nenek moyangmu? Bahkan mereka membunuh orang-orang yang lebih dahulu memberitakan tentang kedatangan Orang Benar, yang sekarang telah kamu khianati dan kamu bunuh. Kamu telah menerima hukum Taurat yang disampaikan oleh malaikat-malaikat, akan tetapi kamu tidak menurutinya."
Ketika anggota-anggota Mahkamah Agama itu mendengar semuanya itu, sangat tertusuk hati mereka. Maka mereka menyambutnya dengan gertakan gigi. Tetapi Stefanus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap ke langit, lalu melihat kemuliaan Allah dan Yesus berdiri di sebelah kanan Allah. Lalu katanya: "Sungguh, aku melihat langit terbuka dan Anak Manusia berdiri di sebelah kanan Allah." Maka berteriak-teriaklah mereka dan sambil menutup telinga serentak menyerbu dia. Mereka menyeret dia ke luar kota, lalu melemparinya. Dan saksi-saksi meletakkan jubah mereka di depan kaki seorang muda yang bernama Saulus. Sedang mereka melemparinya Stefanus berdoa, katanya: "Ya Tuhan Yesus, terimalah rohku." Sambil berlutut ia berseru dengan suara nyaring: "Tuhan, janganlah tanggungkan dosa ini kepada mereka!" Dan dengan perkataan itu meninggallah ia.


Kis.12:1. Kira-kira pada waktu itu raja Herodes mulai bertindak dengan keras terhadap beberapa orang dari jemaat. Ia menyuruh membunuh Yakobus, saudara Yohanes, dengan pedang. 

Orang yang dipuaskan oleh Tuhan adalah mereka yang mendapatkan kebahagiaan kekal di sorga bersama-sama dengan Nya. Kelak di sorga orang-orang yang sampai disana tidak akan merasa kecewa dan komplain kepada Tuhan , karena semua yang didapatinya disana semuanya sempurna dan memuaskan, tidak ada lagi sesuatu hal yang membuat orang tidak senang karena semua yang ditemuinya disana membuat hatinya berbahagia; enak, nyaman, senang, sukacita, damai sejahtera dan memuaskan hati. Tidak ada lagi dijumpainya kebencian, permusuhan, pertikaian, perkelahian, peperangan, kematian, kesakitan, kelaparan, kehausan, kepanasan atau pun kedinginan, semua terasa nyaman. Kepuasan yang demikianlah yang akan diberikan Tuhan kepada mereka yang hidup menurut roh, bertumbuh menjadi dewasa, menghasilkan buah roh dan menjadi sempurna.




Rabu, 26 Desember 2012

Sepuluh Perintah Berbahagia (3) / Khotbah di Atas Bukit

Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi.

Orang yang lemah lembut adalah orang yang memperlakukan orang lain dengan penuh perhatian dan dengan hati yang tulus, tidak dengan motivasi lain, misalnya : untuk mencari keuntungan atau memuaskan keinginan dagingnya. Ia tidak menilai orang dari penampilan luarnya saja; dan tidak membeda-bedakan orang atas dasar apapun, baik ras, agama, suku, budaya, umur, jabatan, jumlah kekayaan, warna kulit, dan lain-lain. Ia memandang orang lain sebagai manusia seutuhnya,  yaitu sebagai ciptaan Tuhan yang bermartabat, mulia dan berharga untuk dikasihi.

Orang yang berpikiran duniawi akan berbuat baik kepada orang lain berdasarkan azas manfaat, yaitu apabila yang dilakukan bermanfaat baginya. Paling sedikitnya mereka akan berpikiran bahwa 'perbuatan baik yang ia lakukan kepada orang juga akan dilakukan orang lain kepada dirinya bilamana ia suatu ketika mengalami kesusahan'. Ketika ia mengalami kesusahan, ternyata tidak mendapatkan pertolongan yang ia harapkan, hatinya menjadi kecewa dan tawar; kemudian ia tidak mau berbuat baik lagi.
Kebanyakan orang akan melakukan perbuatan baik karena mempunyai maksud atau keinginan  tersembunyi, yang ditutupi dengan suatu alasan agar mendapat citra yang baik,  agar keinginan, maksud dan tujuan yang sebenarnya tidak diketahui orang. Pada dasarnya yang ia lakukan adalah suatu strategi untuk dapat memuaskan keinginan dagingnya atau nafsunya. 
Seorang pegawai/ bawahan berbuat sebaik mungkin kepada bos/ atasannya agar ia mendapatkan gaji yang lebih baik atau mendapatkan promosi untuk jabatan yang lebih tinggi. Atau seseorang pemuda berbuat baik dan bertingkah-laku  yang manis kepada seorang pemudi, agar mau diajaknya berkencan dan menjadi pasangan hidupnya. Sebaliknya seorang pemudi juga akan berbuat baik dan tampil secantik mungkin agar pemuda yang disukainya tertarik kepadanya dan mau mengencaninya.
Tetapi terdapat orang-orang yang berbuat lebih jahat lagi, yaitu orang yang merancang perbuatan-perbuatan atau tipu daya tertentu, mulai yang halus sampai yang kasar untuk memancing orang masuk perangkapnya, dan kemudian dipaksa nya untuk menyerahkan miliknya kepada orang itu. Perbuatan yang terakhir ini sangat jahat dan sering dilakukan orang didalam dunia bisnis dan dunia politik, oleh karena itu banyak pebisnis dan politikus yang kemudian menjadi kehilangan hati-nurani, yang mengakibatkan mereka tidak pernah lagi bisa berbuat baik dengan tulus dan murni dari hatinya kepada sesama.

Sebaliknya seorang yang berpikiran rohani  akan berbuat baik kepada orang lain yang dijumpainya, lebih-lebih kepada orang yang dalam keadaan menderita atau mengalami kesulitan (Mat:12:50; 25:40,45). Ia akan dengan senang hati mau mengulurkan tangannya menolong orang. Hatinya penuh kasih pada sesamanya, ia hidup dengan mengikuti suara hati. Ia hidup dengan mengandalkan suara roh atau hati nurani yang berbicara kepadanya dalam berbagai keadaan sepanjang hidupnya. Ia adalah orang yang hidup menurut roh atau hidup dengan iman dan menjadi pelaku firman.

Mat.12:46-50. Ketika Yesus masih berbicara dengan orang banyak itu, ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya berdiri di luar dan berusaha menemui Dia. Maka seorang berkata kepada-Nya: "Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau."  Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: "Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?" Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

Mat.25:31-46. "Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya. Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing, dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya. Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan. Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku. Maka orang-orang benar itu akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamana kah kami melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makan, atau haus dan kami memberi Engkau minum? Bilamana kah kami melihat Engkau sebagai orang asing, dan kami memberi Engkau tumpangan, atau telanjang dan kami memberi Engkau pakaian? Bilamana kah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau? Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku. Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya. Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku. Lalu merekapun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamana kah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau? Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku. Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal."

Adalah sangat mudah diucapkan segala uraian perkataan atau kalimat di atas, namun pada kenyataannya sangat sulit  dilakukan. Untuk itu yang perlu diperhatikan orang beriman agar dapat melakukan firman, adalah : Datang kepada Nya dan mau hidup menurut yang diajarkan Tuhan Yesus, yaitu orang hidup tidak boleh kuatir (Mat.6:25,34), orang hidup harus bersyukur atas semua berkat yang telah diberikan kepadanya, dan berkerja dengan rajin tapi tidak ambisius dan tidak serakah. Ia harus mempunyai motivasi bahwa semua yang dikerjakannya adalah untuk memuliakan Tuhan dan melakukannya dengan memperhatikan azas kepantasan. 
Orang yang mau dan dapat melakukan apa yang diajarkan Nya itu, ia akan menemukan kelegaan dan ketenangan dalam jiwanya disepanjang hidupnya, yang tidak mungkin dapat diperolehnya dengan cara lain.

Mat.6:25-34. "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian? Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu? Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?  Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal, namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannyapun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu. Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya? Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."

Mat. 11:25-30. Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.  Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu.  Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.  Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan.".

Orang yang memiliki bumi adalah orang mempunyai hidup yang bahagia, penuh suka cita damai sejahtera dan dikasihi banyak orang. Keberadaan dirinya senantiasa membawa kesejukan, kedamaian, dan kesenangan bagi orang yang ada disekelilingnya. Oleh karena itu kehadirannya dirindukan oleh banyak orang dan banyak orang yang ingin bertemu dan mengenalnya, karena pribadinya seperti sebuah magnet yang kuat, yang menarik pribadi-pribadi lain kepadanya, mempengaruhinya dan mengubah pribadi orang-orang itu menjadi seperti dirinya.

Sepuluh Perintah Berbahagia (2) / Khotbah di Atas Bukit

Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.

Orang yang berdukacita adalah orang yang senantiasa memikirkan hidup orang lain/ mempunyai empathi  terhadap kesusahan orang lain. Dalam hal ini ia tidak bermalas-malasan  untuk berbagi dengan orang lain,  karena itu ia mendapatkan kebahagiaan batin atau kepuasan dalam hatinya,  yang tidak dapat diperolehnya dari segala macam barang duniawi yang dimilikinya.

Orang yang berdukacita menunjuk pada orang yang dapat merasakan kesusahan dan kesulitan orang lain (Luk.10:33). Ia adalah seorang yang mau melakukan perbuatan yang tidak mendatangkan keuntungan dan kebaikan bagi dirinya sendiri tetapi yang mendatangkan kebaikan bagi  hidup orang lain, baik orang yang  dikenal maupun yang tidak dikenalnya. Hati nuraninya selalu terbeban bila melihat orang mengalami kesusahan dan ia mau perduli pada mereka.

Luk.10:30-37. Jawab Yesus: "Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampok nya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati.  Kebetulan ada seorang imam turun melalui jalan itu; ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan. Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu; ketika ia melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan. Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergerak lah hatinya oleh belas kasihan. Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya. Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawat lah dia dan jika kau belanja kan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali. Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?" Jawab orang itu: "Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya." Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, dan perbuat lah demikian!"
Seseorang dapat merasakan kesusahan dan kesulitan orang lain, apabila orang mempunyai hati yang peka dan hati nurani yang terlatih. Adalah hal yang sangat sulit dan mustahil orang dapat mempunyai dua hal itu bila ia tidak mempunyai hati yang lembut, karena kebiasaan manusia cenderung melakukan perbuatan yang disenanginya untuk melampiaskan nafsu dagingnya. Hati yang peka ini hanya dapat diperoleh orang dengan beriman kepada Tuhan Yesus Kristus, karena dengan beriman kepadaNya, Roh Kudus tinggal diam dalam dirinya (Yoh.14:15-17; 25-27); Ia yang akan memimpinnya, yang akan menolongnya dan yang akan memampukan nya untuk mengikut Yesus Kristus. Ia akan terlatih dengan berbagai penderitaan, yang menuntutnya untuk menyangkal diri, yaitu: mau menanggung penderitaan baik jasmani maupun batinnya, dan juga mau menanggung kerugian materiil maupun non materiil.

Yoh.14:15-17. "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.  Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Yoh.14:25-27. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Seorang beriman yang berlatih terus menerus, imannya akan tumbuh semakin menjadi dewasa dan hati nuraninya menjadi semakin peka terhadap sesamanya dan semakin terlatih hidup menuruti bisikan Roh Kudus. Pada mulanya ia merasakan betapa sakit dan berat hidup menurut roh, namun seiring berjalannya waktu, ia menjadi terbiasa dan rasa sakit itu tidak menyiksanya lagi. Ia menjadi terbiasa menyangkal dirinya dan terlatih memikul salib yang diberikan Tuhan Yesus Kristus kepadanya.

Mat.11:28-30. Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan."

Mat.16:24. Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salib nya dan mengikut Aku.

Pada saat itu ia telah mempunyai hati yang peka dan hati nurani yang terlatih, ia melakukan semua perbuatan yang baik sesuai dengan firman yang didengarnya, dengan suka cita dan senang hati. Melakukan keinginan roh sudah bukan lagi pekerjaan berat tapi merupakan kesenangan dan ia tidak mau lagi hidup menuruti keinginan dagingnya. Karena kesenangannya ini, ia merasa bahagia dan puas ketika ia bisa berbuat baik dan menyenangkan orang lain. Perasaan ini melebihi semua yang bisa didapat nya di dunia, karena kebahagiaan ini tidak dapat dinilai dengan uang atau materi. Perasaan bahagia yang demikianlah yang merupakan penghiburan Tuhan Yesus Kristus kepada orang beriman yang mau mendengarkan firman dan melakukannya.

Sabtu, 22 Desember 2012

Sepuluh Perintah Berbahagia (1) / Khotbah di Atas Bukit

Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.


Orang yang miskin dihadapan Allah adalah orang yang miskin secara rohani dan selalu mengharapkan pertolongan Allah , karena ia sendiri tidak menemukan jalan bagi dirinya sendiri untuk mendapatkan  hidup yang nyaman dan tenang. Mereka yang mempunyai perasaan seperti ini akan mendapatkan Kerajaan Allah sebagai miliknya, yaitu sukacita damai sejahtera dalam hatinya dan tidak kuwatir akan hidupnya.

Mzm.63:8-9 sungguh Engkau telah menjadi pertolonganku, dan dalam naungan sayap-Mu aku bersorak-sorai.  Jiwaku melekat kepada-Mu, tangan kanan-Mu menopang aku. 

Mzm.121:1-4. Nyanyian ziarah. Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku? Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi. Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap. Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel.

Mat.11:28-30. Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.  Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.  Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."

Orang yang merasa miskin secara rohani menunjuk pada seorang yang mau mengakui bahwa dirinya banyak melakukan kesalahan, seorang yang mau mengakui bahwa dirinya banyak melakukan dosa,  dan juga seorang yang mengakui dirinya tidak mampu melakukan perbuatan baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain.
Sedangkan orang yang selalu mengharapkan pertolongan Tuhan menunjuk pada seorang yang mengerti bahwa yang dapat menolong dirinya agar tidak melakukan kesalahan lagi, yang dapat menolong dirinya untuk  berbuat yang benar, dan juga yang dapat menolong dirinya mempunyai kemampuan berbuat baik hanyalah Tuhan Yesus Kristus. Karena seorang dengan percaya kepada Nya, dengan beriman kepada Nya, dan dengan melakukan firman Nya akan diberikan Roh Kudus yang akan mengkuduskan dirinya, atau Roh Penolong yang akan menolongnya sehingga mampu melakukan perbuatan baik dan mampu menolak perbuatan dosa, atau Roh Penghibur yang akan menguatkan dirinya sehingga mampu bertahan dalam imannya itu dan memimpin serta membimbing dirinya sehingga mampu bertumbuh menjadi seorang yang dewasa imannya (Yoh.14:15-17;23-27).
Seorang yang mempunyai iman yang dewasa menunjuk kepada seorang yang telah mencapai iman yang sempurna atau iman yang nyaris sempurna. Ia adalah seorang yang telah mendapatkan Kerajaan Allah, ia adalah seorang yang telah mempunyai hidup yang dipenuhi dengan sukacita damai sejahtera (Rm.14:17), ia adalah juga seorang yang telah mendapatkan ketenangan didalam jiwanya dan tidak pernah kuwatir akan hidupnya sendiri. Karena ia telah mendapatkan Kerajaan Sorga walaupun masih hidup di dalam dunia yang fana, pada posisi demikian ia tidak lagi mengejar kesenangan duniawi dan materi untuk memuaskan keinginan dagingnya, karena ia telah merasa puas dengan apa yang ada pada dirinya dan bersuka cita karenanya.

Yoh.14:15-17. "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.  Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Yoh.14:23-27. Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.  Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku.
Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu;  tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Rm.14:17. Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. 

Perintah yang pertama ini merupakan petunjuk yang diberikan Tuhan Yesus Kristus agar seseorang dapat masuk dan menemukan kekayaan Kerajaan Sorga yang dijanjikan Allah kepada umat manusia. Banyak orang yang berusaha masuk ke dalam Kerajaan Sorga tetapi tidak menemukan pintu untuk masuk ke dalamnya. Mereka gagal menemukannya karena mereka menggunakan pandangan duniawi, menggunakan akal dan logika, tidak menggunakan pandangan rohani, tidak menggunakan mata batin.
Pandangan duniawi adalah cara pandang yang membatasi firman Tuhan sebatas yang masuk akal, membatasi firman Tuhan yang dapat diterima logika manusia saja. Hal ini yang kemudian menjadi tabir yang menutupi firman Tuhan dan yang menjadikannya suatu rahasia yang tidak dapat diungkapkan oleh orang-orang yang cerdik dan pandai, tapi dapat diketahui oleh orang-orang biasa, orang-orang yang berpikiran sederhana dan orang-orang yang dianggap bodoh oleh dunia (Mrk.4:11-12; 1Kor.1:18-19). Orang-orang yang terakhir ini sebenarnya adalah orang-orang yang cerdas secara rohani, mereka mempunyai pemikiran yang tidak berbelit-belit, tulus dan rendah hati, sehingga mudah sekali menerima suara Tuhan yang datang kedalam hatinya. Ia mudah percaya dan mau segera melakukannya tanpa harus memikirkannya berlama-lama.

Mrk.4:11-12. Jawab-Nya: "Kepadamu telah diberikan rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang luar segala sesuatu disampaikan dalam perumpamaan, supaya: Sekalipun melihat, mereka tidak menanggap, sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti, supaya mereka jangan berbalik dan mendapat ampun."

1Kor.1:18-19. Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah. Karena ada tertulis: "Aku akan membinasakan hikmat orang-orang berhikmat dan kearifan orang-orang bijak akan Kulenyapkan."

Dikatakan bahwa orang yang miskin dihadapan Allah adalah orang yang berhak memiliki Kerajaan Allah, ungkapan ini menunjukan bahwa tanpa memiliki hati seperti yang telah diuraikan di atas maka seseorang tidak akan mempunyai hak untuk memiliki Kerajaan Allah. Karena hanya ada satu pintu  saja untuk masuk kedalam Kerajaan Allah (Yoh.14:6).
Jadi seorang yang percaya dan beriman kepada Tuhan Yesus, ia harus hidup dengan menggunakan hatinya, selalu mendengarkan suara Tuhan yang berfirman di dalam hatinya dan menurutinya dengan segera tanpa harus berpikir berlama-lama (Kej.6:22; 12:4; 14:16; Kel.7:6; Mat.1:24). Karena bilamana ia berlama-lama maka Iblis akan menggodanya dengan segala pertimbangan yang masuk akal dan dapat diterima logika, yang pada akhirnya akan membuatnya urung melakukan firman Tuhan yang datang padanya (Kej.3:1-6). Dalam hal ini iblis telah berhasil menariknya  menjauh dari Tuhan, sehingga lama-kelamaan suara Tuhan tidak dapat didengarnya lagi, dan akhirnya ia akan mengingkari imannya dan hidup menuruti cara hidupnya yang lama, yang penuh dosa.

Kej.6:22. Lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya.

Kej.12:4. Lalu pergilah Abram seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya, dan Lot pun ikut bersama-sama dengan dia; Abram berumur tujuh puluh lima tahun, ketika ia berangkat dari Haran.

Kel.7:6 Demikianlah diperbuat Musa dan Harun; seperti yang diperintahkan TUHAN kepada mereka, demikianlah diperbuat mereka.

Yoh.14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 

Mat.1:24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,

Kej.3:1-6. Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?"  Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: "Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan,  tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati."  Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: "Sekali-kali kamu tidak akan mati,  tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."  Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya.

Minggu, 15 Juli 2012

Renungan (17):Kehidupan Orang-Orang Kudus Dalam Kerajaan Sorga

Kehidupan kekal setelah kebangkitan orang-orang mati, banyak digambarkan orang sebagai kehidupan yang nyaman, tidak perlu bekerja, semua kebutuhan sudah disediakan, makan enak; rumah bagus dan nyaman, istri-anak berkumpul dan hidup bahagia selama-lamanya. Bila gambaran kehidupan di sorga sedemikian, lalu bagaimana dengan orang tua kita dan anak-cucu-cicit serta keturunan kita apakah semua berkumpul dalam satu rumah? Lalu rumah seperti apa yang dapat menampung orang yang sebegitu banyaknya, yang mungkin bisa mencapai ratusan sampai ribuan orang. Dan bila kemudian di urut kan ke atas, kepada nenek moyang kita maka akhirnya semua menjadi satu keluarga karena semua manusia adalah keturunan Adam dan Hawa, jadi kalau begitu dalam kehidupan disorga hanya ada satu rumah saja. Bila demikian jelas yang dimaksud bukan seperti gambaran seperti di atas, pendek kata gambaran orang itu salah. Itu hanya merupakan imajinasi manusia saja, yang tidak tahu tentang rancangan Allah yang sebenarnya. 

Di atas itu semua Tuhan Yesus Kristus telah memberikan sedikit keterangan tentang kehidupan kekal itu; dikatakannya bahwa dalam kehidupan yang akan datang itu semua manusia terlepas dari ikatan keluarga di dunia, mereka hidup seperti malaikat; mereka tidak makan dan tidak minum; mereka tidak kawin dan tidak dikawinkan; mereka tidak mengalami sakit, tidak lapar, tidak haus, tidak merasa panas, tidak merasa dingin, tidak mengalami letih, tidak mengalami lemah, tidak mengalami lesu, dan tidak mengalami perasaan-perasaan  lainnya; yang dirasakan mereka hanya perasaan sukacita damai sejahtera sepanjang hidupnya sampai kekal. Karena dalam kehidupan kekal tidak ada yang dilahirkan dan tidak ada yang mati.
Semua orang mempunyai bentuk tubuh yang sama, yaitu bentuk tubuh dewasa mereka yang sempurna. Pada saat pertama bertemu mereka dapat mengenali diri mereka sendiri dan  diri orang lain, tetapi setelah itu mereka hanya merasakan sukacita damai sejahtera dan memuliakan Allah dengan puji-pujian yang indah yang tidak pernah ada di dunia, sepanjang hidupnya sampai kekal. Jadi setiap orang yang ada di sorga semuanya berada pada keadaan yang sempurna , tidak ada anak-anak atau orang tua. Orang yang pada saat di dunia meninggal pada usia lanjut atau masih anak-anak, ketika berada dalam kehidupan kekal ada dalam bentuk tubuh dewasanya yang sempurna; dan tidak ada yang cacat; tidak ada yang buta, tidak ada yang bisu, tidak ada yang tuli, tidak ada yang buntung tangan atau kakinya, tidak ada yang botak, tidak ada yang sumbing, tidak ada yang kurus, tidak ada yang gendut, tidak ada yang tingi, tidak ada yang cebol dll, semuanya sempurna.

Mat.22:24-32 "Guru, Musa mengatakan, bahwa jika seorang mati dengan tiada meninggalkan anak, saudaranya harus kawin dengan isterinya itu dan membangkitkan keturunan bagi saudaranya itu. Tetapi di antara kami ada tujuh orang bersaudara. Yang pertama kawin, tetapi kemudian mati. Dan karena ia tidak mempunyai keturunan, ia meninggalkan isterinya itu bagi saudaranya. Demikian juga yang kedua dan yang ketiga sampai dengan yang ketujuh. Dan akhirnya, sesudah mereka semua, perempuan itu pun mati. Siapakah di antara ketujuh orang itu yang menjadi suami perempuan itu pada hari kebangkitan? Sebab mereka semua telah beristerikan dia." Yesus menjawab mereka: "Kamu sesat, sebab kamu tidak mengerti Kitab Suci maupun kuasa Allah! Karena pada waktu kebangkitan orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga. Tetapi tentang kebangkitan orang-orang mati tidakkah kamu baca apa yang difirmankan Allah, ketika Ia bersabda: Akulah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub? Ia bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup."

Dalam kehidupan kekal terdapat tingkatan, dimana semakin suci seseorang pada saat hidupnya di dunia maka semakin mulia keberadaannya di sorga, dalam arti semakin dekat keberadaannya dengan Tuhan Yesus.  Kristus. Dan yang paling mulia adalah mereka yang selalu bersama-sama dengan Tuhan Yesus Kristus. Ia akan senantiasa mengikutiNya dimana saja Tuhan Yesus berada. Mereka adalah yang termasuk dalam seratus empat puluh empat ribu orang kudus yang dipilih Tuhan Yesus. Mereka adalah orang yang menyerahkan hidupnya atau nyawa bagi Tuhan.

Why. 14:1-3 Dan aku melihat: sesungguhnya, Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama-sama dengan Dia seratus empat puluh empat ribu orang dan di dahi mereka tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya. Dan aku mendengar suatu suara dari langit bagaikan desau air bah dan bagaikan deru guruh yang dahsyat. Dan suara yang kudengar itu seperti bunyi pemain-pemain kecapi yang memetik kecapinya.Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorang pun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada seratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi itu.

Mat. 22:1-14  Lalu Yesus berbicara pula dalam perumpamaan kepada mereka: "Hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja, yang mengadakan perjamuan kawin untuk anaknya. Ia menyuruh hamba-hambanya memanggil orang-orang yang telah diundang ke perjamuan kawin itu, tetapi orang-orang itu tidak mau datang. Ia menyuruh pula hamba-hamba lain, pesannya: Katakanlah kepada orang-orang yang diundang itu: Sesungguhnya hidangan, telah kusediakan, lembu-lembu jantan dan ternak piaraanku telah disembelih; semuanya telah tersedia, datanglah ke perjamuan kawin ini. Tetapi orang-orang yang diundang itu tidak mengindahkannya; ada yang pergi ke ladangnya, ada yang pergi mengurus usahanya, dan yang lain menangkap hamba-hambanya itu, menyiksanya dan membunuhnya. Maka murkalah raja itu, lalu menyuruh pasukannya ke sana untuk membinasakan pembunuh-pembunuh itu dan membakar kota mereka. Sesudah itu ia berkata kepada hamba-hambanya: Perjamuan kawin telah tersedia, tetapi orang-orang yang diundang tadi tidak layak untuk itu. Sebab itu pergilah ke persimpangan-persimpangan jalan dan undanglah setiap orang yang kamu jumpai di sana ke perjamuan kawin itu. Maka pergilah hamba-hamba itu dan mereka mengumpulkan semua orang yang dijumpainya di jalan-jalan, orang-orang jahat dan orang-orang baik, sehingga penuhlah ruangan perjamuan kawin itu dengan tamu. Ketika raja itu masuk untuk bertemu dengan tamu-tamu itu, ia melihat seorang yang tidak berpakaian pesta. Ia berkata kepadanya: Hai saudara, bagaimana engkau masuk ke mari dengan tidak mengenakan pakaian pesta? Tetapi orang itu diam saja. Lalu kata raja itu kepada hamba-hambanya: Ikatlah kaki dan tangannya dan campakkanlah orang itu ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi. Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih."

Tubuh yang dikenakannya adalah tubuh kemuliaan yang mempunyai massa dan  bermateri, dapat dilihat, dapat dipegang, dapat makan, dapat minum; tapi  tidak berkeringat, tidak buang air. Dapat pindah tempat dalam sekejap, dan dapat berada pada waktu/ masa yang diinginkannya, karena ia tidak dibatasi oleh dimensi ruang dan waktu. Dan ia dapat berpindah dari dunia alam fana ke dunia baka, atau sebaliknya sekehendak hatinya, ketika ia diutus memberitakan Injil kepada manusia di bumi dan di alam penantian/ alam barsyah pada masa sebelum hari terakhir/ kiamat..

 


Kis.1:2-5 sampai pada hari Ia terangkat. Sebelum itu Ia telah memberi perintah-Nya oleh Roh Kudus kepada rasul-rasul yang dipilih-Nya. Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah. Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang -- demikian kata-Nya -- "telah kamu dengar dari pada-Ku. Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."

Luk.24:30-31 Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka. Ketika itu terbukalah mata mereka dan mereka pun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka.

Luk.24:34-43 Kata mereka itu: "Sesungguhnya Tuhan telah bangkit dan telah menampakkan diri kepada Simon." Lalu kedua orang itu pun menceriterakan apa yang terjadi di tengah jalan dan bagaimana mereka mengenal Dia pada waktu Ia memecah-mecahkan roti. Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: "Damai sejahtera bagi kamu!" Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu. Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu? Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku." Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka. Dan ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada mereka: "Adakah padamu makanan di sini?" Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng. Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka.

Senin, 09 Juli 2012

Renungan (16): Tentang Yang Terbesar Dalam Kerajaan Sorga


Dasar yang digunakan untuk mengukur yang terbesar dalam Kerajaan Sorga dan dalam Kerajaan Dunia sangat berbeda, sehingga orang yang masih berpikiran duniawi tidak dapat mengerti dan tidak menanggapi/ merespon firman yang didengarnya. Mereka biarpun mendengar tetap tidak mengerti, mereka seperti mendengar suara/ bunyi yang tidak ber makna. Biarpun mereka mendengar pemberitaan firman dan melihat perbuatan mujizat yang dilakukan Tuhan Yesus dan murid-murid Nya, mereka tetap tidak mengerti atau sadar bahwa perbuatan itu adalah suatu tanda dari Kerajaan Sorga; bahwa orang yang dapat melakukannya bukan orang biasa tetapi adalah utusan Kerajaan Sorga dan yang perkataannya harus diperhatikan.

Kerajaan Sorga mempunyai ukurannya sendiri untuk menentukan seberapa besar kemuliaan seorang beriman yang masuk kedalamnya. Ukurannya adalah ‘Kasih’, karena kemuliaan yang akan diberikan kepadanya adalah sesuai dengan seberapa besar kasih yang dipunyai. Semakin besar kasihnya, semakin besar kemuliaan yang akan diperolehnya. Dan kasih yang terbesar adalah kasih yang rela memberikan nyawanya bagi saudara-saudaranya.

Yoh. 15:13. Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.

Hal ini nyata dari surat rasul Paulus Kepada jemaat di Korintus, yang memberitahukan bahwa kasih itu itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. (1 Kor.13:4-7)

Orang yang sabar adalah mereka yang senantiasa mau memberi maaf pada orang yang bersalah kepadanya.

Orang yang murah hati adalah mereka yang dengan tulus mau memberikan pertolongan kepada semua orang yang membutuhkan.

Orang yang tidak pencemburu adalah mereka yang merasa senang dengan kesuksesan orang lain, walaupun dirinya sendiri kurang sukses.

Orang yang tidak memegahkan diri dan tidak sombong adalah mereka yang menerima kesuksesan dirinya dengan bersyukur, sehingga tidak lupa bahwa semua itu dikaruniakan Tuhan, bukan semata-mata karena hasil usahanya sendiri.

Orang yang tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri adalah mereka yang senantiasa ingat bahwa Tuhan menyertainya, sehingga ia selalu menjaga dirinya agar tidak melakukan perbuatan dosa tetapi selalu dapat hidup sesuai dengan kehendakNya.

Orang yang tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain adalah mereka yang mau memahami kekurangan orang lain dan menerimanya dengan ikhlas.

Orang yang tidak suka dengan ketidakadilan, tetapi karena kebenaran adalah orang yang hidup jujur sesuai dengan hati nuraninya / suara Roh Kudus.

Orang yang menutupi segala sesuatu adalah mereka yang tidak suka membesar-besarkan masalah. Masalah besar akan dibuatnya menjadi kecil, dan masalah kecil akan dibuatnya menjadi bukan masalah.

Orang yang percaya segala sesuatu adalah mereka yang percaya pada janji Tuhan.

Orang yang mengharapkan segala sesuatu adalah mereka yang mengharapkan penggenapan janji Tuhan, baik janji Nya secara umum kepada semua manusia (dalam Injil) maupun janji Nya secara pribadi kepada dirinya (berupa nubuat).

Orang yang sabar menanggung segala sesuatu adalah mereka yang terus menerus mengharap penggenapan janji Tuhan itu walaupun harus mengalami hambatan dan siksaan, baik secara batin maupun secara fisik bahkan ia juga rela bila harus menyerahkan nyawanya bagi Tuhan.

Sedangkan dasar yang digunakan oleh Kerajaan Dunia adalah ‘kekuasaan’, semakin besar ‘kekuasaan’ yang dimiliki seseorang semakin besar kemuliaan yang diperolehnya. Dengan ‘kekuasaan’ itu ia dapat bertindak tegas dan bertindak kejam (bila perlu) terhadap orang yang tidak mau mengakui kemuliaannya itu. Dalam sepanjang sejarah manusia telah nyata, akibat ‘kekuasaan’ itu banyak sekali terjadi perselisihan, pertikaian, perang dan pembunuhan manusia yang membuat alam menjadi rusak dan banyak orang menderita; sehingga kedamaian tidak pernah terjadi di dunia. Dari dahulu kala sampai sekarang dunia tidak pernah berubah; perselisihan, pertikaian, perang dan pembunuhan masih tetap terjadi, hanya bentuknya saja yang diperhalus dan dikemas dengan hukum, undang-undang dan peraturan-peraturan yang menipu dan (yang hanya) menguntungkan orang yang mempunyai ‘kekuasaan’ saja.

Minggu, 08 Juli 2012

Renungan (15) : Tentang Mata Sebagai Pelita Tubuh


Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.
Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.
Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.” (Mat.6:20-24)

Pernyataan Tuhan Yesus pada kalimat di atas merupakan suatu himbauan, nasihat, petunjuk, dan perintah kepada pendengarnya pada waktu itu dan kepada  orang yang membaca Injil pada masa dahulu, masa sekarang dan masa yang akan datang. Pada kesempatan ini Ia menganjurkan agar orang memperhatikan cara pandang mereka terhadap hidupnya di dunia (yang fana) ini. Cara pandang yang benar adalah yang mengutamakan hidup  rohani, bukan mengutamakan hidup duniawi.

Ada tiga hal yang ditekankan Tuhan Yesus dalam kalimat di atas, yaitu:
1. Jangan mengumpulkan harta di dunia, melainkan di sorga saja.
2. Cara pandang manusia  menentukan apa yang akan dilakukan disepanjang hidupnya.
3. Seseorang harus memilih satu diantara Allah/ sorga atau dunia/ uang, tidak boleh kompromi.

1. Jangan mengumpulkan harta di dunia, melainkan di sorga saja.

Orang kebanyakan memikirkan segala urusan-urusan duniawi lebih penting disepanjang hidupnya dari pada memikirkan urusan rohani. Mereka sangat sibuk memikirkan kekayaan duniawi, hasrat seksual, dan nama ‘baik’; sedangkan kehidupan rohani mereka hanya mendapat perhatian sekedarnya saja, hanya menjadikannya  sebagai pelengkap hidup sehingga sudah merasa cukup apabila sudah melakukan  ibadah di gereja: ikut kebaktian, mengajar sekolah minggu, menjadi majelis atau kegiatan gereja yang lain.
Dari lahir anak-anak  oleh orang tuanya diajar untuk memikirkan hal-hal duniawi, semenjak ia masih belum bisa berbicara, ia sudah diberi pelajaran secara tidak langsung dimana ia mendengar harapan orang tuanya agar  kelak setelah ia dewasa menjadi orang terkemuka dan terhormat, sehingga dapat mengangkat  martabat orang tua, keluarga dan kelompoknya.  Hal ini disebabkan karena orang menilai kesuksesan  dengan uang, semakin banyak uang yang dapat dikumpulkannya maka seseorang dianggap semakin   sukses ; sehingga semua orang berusaha mengejar dan mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya, agar ia mendapatkan kehormatan dan kepuasan hidup. Tetapi pada kenyataannya setelah mereka berhasil mengumpulkan uang yang banyak, mereka tidak menemukan kepuasan yang diharapkannya itu, yang timbul justru hasrat untuk mengumpulkan uang yang lebih banyak dan lebih banyak lagi. Ia tidak pernah merasa terpuaskan sampai akhir hidupnya.

Semenjak orang mengalami akhil balik atau  pubertas,  sepanjang hidupnya ia dipengaruhi oleh daya tarik seksual. Ia mau merawat dirinya, belajar dan berprestasi dalam upayanya untuk mendapatkan perhatian dari lawan jenisnya. Seorang pemudi akan mulai menjaga penampilan dan perilakunya agar dapat menarik perhatian pemuda, demikian pula seorang pemuda berusaha untuk menarik perhatian pemudi-pemudi dengan penampilannya.
Setelah seseorang menjadi dewasa dan ‘mapan’ maka ia mulai membutuhkan ‘ nama baik’, yang akan membedakan dirinya dari orang lain, yang menjadi tanda bahwa ia lebih sukses dan lebih berhasil dari yang lain. Semakin sedikit yang dapat menyamai prestasinya maka ia akan menganggap dirinya lebih sukses dari orang lain. Bahkan terkadang untuk mencapainya beberapa orang diantaranya rela melakukan cara yang tidak etis .

2. Cara pandang manusia  menentukan apa yang akan dilakukan disepanjang hidupnya.

Digambarkan Nya bahwa cara pandang manusia terhadap hidup sebagai ‘mata’, sehingga seseorang yang memilih cara hidup yang benar dikatakan sebagai mempunyai ‘mata yang terang’; dan bagi orang yang demikian maka hidupnya akan menjadi terang pula dan ia akan merasa hidupnya berarti atau berguna. Tetapi seseorang yang mempunyai ‘mata yang gelap’ akan mendapati hidupnya penuh kegelapan, tidak tahu jalan hidup yang benar dan akhirnya akan merasakan hidupnya kurang/ tidak berarti atau menjadi sia-sia belaka.
Orang yang mempunyai ‘mata yang terang’ dan hidup menurutinya, niscaya akan menemukan terang itu dan menjadi ‘anak-anak terang’; karena terang itu  adalah Tuhan Yesus Kristus sendiri, maka ‘anak-anak terang’ juga adalah ‘anak-anak Tuhan’.

Yoh. 12:35-36 Kata Yesus kepada mereka: “Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegelapan jangan menguasai kamu; barangsiapa berjalan dalam kegelapan, ia tidak tahu ke mana ia pergi. Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang.” Sesudah berkata demikian, Yesus pergi bersembunyi dari antara mereka.

Adalah tidak benar bila seseorang yang mengaku sebagai ‘anak Tuhan’, tetapi hidup dengan menggunakan cara pandang yang duniawi, hanya berpikir untuk mengumpulkan uang dan harta dunia sepanjang hidupnya. Karena ia tidak pernah menjadi ‘anak terang’, ia sebenar-benarnya adalah anak kegelapan dan Tuhan Yesus tidak pernah mengenalnya, yang pada hari terakhir nanti akan dikumpulkan bersama anak-anak kegelapan yang lain untuk dimasukan ke dalam lubang gelap yang tidak berdasar, atau kedalam lautan api yang tidak pernah padam.

Mat.7:22-23  Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?  Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

Mrk. 9:43  Dan jika tanganmu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung dari pada dengan utuh kedua tanganmu dibuang ke dalam neraka, ke dalam api yang tak terpadamkan;

3. Seseorang harus memilih satu diantara Allah/ sorga atau dunia/ uang, tidak boleh kompromi.

Orang yang mempunyai ‘mata yang terang’ bisa mengambil keputusan yang tegas dan tidak kompromistis . Ia berani memilih  hidup kekurangan dan menderita, karena ia tidak hidup mengandalkan apa yang terlihat dan dapat dirasakan oleh mata dan indera yang lain, melainkan lebih menggunakan mata batin. Sebab apa yang terlihat ‘baik’ oleh indera mata terkadang  bukan merupakan yang baik di ‘mata Tuhan’, bahkan seringkali yang baik menurut pandangan ‘mata manusia’  kebalikan dari yang baik menurut pandangan ‘mata Tuhan’. Banyak hal yang dapat dijadikan contoh dalam kasus seperti ini, yang dapat kita ketahui dari perkataan Tuhan Yesus dalam Injil.

Mat. 18:21-22  Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: “Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?”  Yesus berkata kepadanya: “Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.

Bila kita perhatikan perkataan Tuhan Yesus di atas jelas diluar nalar atau logika manusia. Tuhan mengajarkan agar orang mau mengampuni orang yang bersalah kepadanya tiada berkesudahan, tetapi nalar manusia berpendapat bahwa mengampuni orang yang bersalah tentu saja ada batasnya. Dan Tuhan mengajarkan agar orang  membalas perbuatan jahat yang dilakukan kepadanya dengan perbuatan baik dan bahkan harus mendoakannya, tetapi  nalar manusia mengatakan bahwa orang membalas perbuatan jahat yang dilakukan kepadanya dengan perbuatan yang setimpal adalah hal yang wajar dan dapat dibenar.

Mat. 5:38-44 Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.  Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.  Dan siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu. Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

Contoh yang lain adalah ketika Tuhan Yesus mengatakan kepada murid-murid Nya bahwa mengikuti Nya harus menderita atau memikul salib Nya, menjadi murid Nya harus mau menyerahkan nyawanya bagi Nya, yang mau menjadi yang terbesar diantara murid-murid Nya harus menjadi yang terkecil dan menjadi pelayan bagi mereka.

Mat. 16:24 Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Luk. 14:26-27  “Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku. Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.

Mat. 20:26-27  Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu;

Dari semua yang diajarkan Tuhan Yesus di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa mengikut Tuhan tidaklah mendapatkan kenyamanan, kebaikan dan kemudahan dalam menjalani hidup di dunia yang fana ini  seperti yang sering kita dengar di gereja dan di Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR); tetapi sebaliknya Tuhan mengajarkan bahwa mengikut Dia harus rela menderita. Jelas pengajaran Nya diluar nalar dan logika manusia, tetapi hal ini justru menunjukan bahwa pikiran manusia jauh dari pikiran  Allah. Dengan demikian terbukti bahwa pengajaran Tuhan Yesus  bukan pengajaran hasil pemikiran yang manusiawi melainkan pengajaran yang illahi dari sorga.

Yoh. 8:37-38  “Aku tahu, bahwa kamu adalah keturunan Abraham, tetapi kamu berusaha untuk membunuh Aku karena firman-Ku tidak beroleh tempat di dalam kamu. Apa yang Kulihat pada Bapa, itulah yang Kukatakan, dan demikian juga kamu perbuat tentang apa yang kamu dengar dari bapamu.”

Sabtu, 30 Juni 2012

Renungan (14): Tentang Hal Kekuatiran

“Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.  Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.  Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.  Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;  jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu. Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.”
“Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?  Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?  Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?  Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal,  namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannya pun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu.  Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?  Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.” (Mat.6: 25-34)

Dalam kehidupan pada masa sekarang dan masa Tuhan Yesus atau masa yang jauh sebelum Tuhan yesus, kehidupan manusia di dunia tidak jauh berbeda, mereka hanya disibukan oleh urusan-urusan mencari makan-minum dan kawin-mengawinkan (Mat.24:28).

Mat. 24:38  Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera,………………………………………………………………………………………..

Dan dalam kesibukannya itu manusia selalu di bayang-bayangi oleh perasaan kuatir sehingga perhatian mereka hanya tertuju pada hal-hal yang duniawi saja. 
Pada masa sekarang beberapa orang memanfaatkan perasaan kekuatiran itu untuk mencari keuntungan, dengan menawarkan  perasaan aman, melalui polis asuransi. Karena itulah maka Tuhan Yesus menyerukan pada mereka untuk tidak kuatir dan mendorong mereka untuk mencari Kerajaan Allah.
Ajakan Tuhan itu adalah pernyataan yang perlu direnungkan dengan mendalam agar dapat dimengerti dengan jelas dan benar.  Kebanyakan orang Kristen  menyangka/ mengartikan kalimat  ”carilah dahulu Kerajaan Allah” adalah dengan rajin mengikuti ibadah-ibadah di gereja atau kegiatan kebaktian  rohani. Inilah satu pemikiran yang sangat dangkal,  sebab pada saat Tuhan Yesus menyatakan ajakan itu belum terbentuk lembaga gereja seperti sekarang ini. Dari pada itu maka dapat disimpulkan bahwa pemikiran di atas adalah satu pemikiran yang bukan seperti yang dimaksudkan oleh Tuhan Yesus.

Jadi harus ada pengertian yang lebih mendalam, yaitu bahwa “mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya”  itu adalah merupakan pengalaman dari orang beriman ketika mereka sudah dapat merasakan sukacita damai sejahtera dalam hidupnya. Dimana perasaan itu bukan disebabkan oleh karena lingkungan di luar dirinya, melainkan timbul dari dalam hatinya ketika ia sudah tidak lagi merasa kuatir akan segala sesuatu dalam hidupnya dan ketika ia dapat bersyukur akan segala yang telah diterimanya dari Allah. Dalam hal ini hidupnya sudah tidak terpengaruh lagi oleh segala sesuatu yang ada di luar dirinya. Sehingga ketika ia mendapatkan hal yang menyenangkan, ia bersyukur tetapi tidak sampai mabuk karenanya. Dan ketika ia mendapatkan hal yang tidak menyenangkan, ia tetap dapat bersyukur dan tidak larut oleh kesedihannya itu.

Sedangkan kalimat  “maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu “  sering dimengerti akan mendapatkan kelimpahan harta duniawi. Inilah suatu pemikiran yang terlalu duniawi dan tentunya tidak sesuai dengan pengajaran Tuhan Yesus. Bila lebih teliti tentu kata ‘ditambahkan’ mempunyai arti yang jelas, bahwa yang  ditambahkan  itu adalah bonus, bukan yang utama; yang utama adalah pengalaman merasakan sukacita damai sejahtera itu sendiri. Jadi segala sesuatu yang ditambahkan adalah sebagai bonus dan itu bukan merupakan hal yang penting; ada baik, tetapi bila tidak ada pun tidak menjadi masalah bagi dirinya, karena ia telah mendapatkan sukacita damai sejahtera dalam hidupnya.
Perasaan sukacita damai sejahtera itu mempunyai nilai yang melebihi segala apapun yang ada di dunia; karena perasaan itu tidak dapat diperoleh dengan menukarnya dengan uang atau barang duniawi seberapa banyaknya sekalipun. Jika demikian jelas segala yang akan ditambahkan atau bonus itu menjadi kurang berharga lagi dan keberadaannya tidak penting lagi baginya. Hal ini sesuai dengan perkataan Tuhan Yesus di awal perikop di atas yang menyarankan orang untuk tidak mengumpulkan harta di bumi melainkan mengumpulkan harta di sorga, yaitu dengan melakukan perbuatan-perbuatan kasih terhadap sesamanya manusia. Orang beriman yang mau melakukan seperti yang disarankan Nya adalah orang kristen rohani yang akan menghasilkan buah roh dengan segala sifat-sifatnya di dalam dirinya (Gal.5:22-23)

Gal. 5:22-23  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Seorang yang mempunyai Kasih maka : Ia harus orang yang sabar, murah hati, tidak cemburu, tidak megahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu (1Kor.13:4-7).
(Keterangan tentang 'kasih' lihat tulisan: 'Iman, Pengharapan dan Kasih')

Seorang yang mempunyai sukacita adalah orang yang menjalani hidup dengan hati yang gembira, bergairah, peramah dan murah senyum, dimana ia menjalani hidupnya dengan ringan tanpa tekanan yang berarti, dan tidak merasakan beban yang terlalu berat.

Seorang yang mempunyai damai sejahtera adalah orang yang selalu bersyukur atas apa yang diperolehnya sebagai berkat dari Tuhan; tidak ambisius, tidak serakah, dan jiwanya selalu dalam keadaan tenang .

Seorang yang mempunyai kesabaran adalah orang yang selalu dapat menunggu segala sesuatu, dapat mengerti kelemahan orang lain dan mempunyai persediaan maaf yang tidak terbatas.

Seorang yang mempunyai kemurahan adalah orang yang selalu mau memberi kepada orang lain, baik waktu, harta benda, maupun hidupnya sekalipun.

Seorang yang mempunyai kebaikan adalah orang yang selalu melakukan segala sesuatu demi kepentingan orang lain dan kebaikan bersama.

Seorang yang mempunyai kesetiaan adalah orang yang tidak mudah berubah pikiran dan melakukan segala sesuatu sesuai dengan apa yang telah diucapkannya sesuai dengan kata hati nuraninya.

Seorang yang mempunyai kelemahlembutan adalah orang yang memperlakukan orang lain dengan penuh kasih dan penuh perhatian.

Seorang yang mempunyai penguasaan diri adalah orang yang dapat menahan diri untuk tidak melakukan perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain dan tidak melakukan segala sesuatu yang dibenci Tuhan.

Jumat, 29 Juni 2012

Renungan (13): Orang-orang Upahan di Kebun Anggur

"Adapun hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang tuan rumah yang pagi-pagi benar keluar mencari pekerja-pekerja untuk kebun anggurnya.  Setelah ia sepakat dengan pekerja-pekerja itu mengenai upah sedinar sehari, ia menyuruh mereka ke kebun anggurnya.  Kira-kira pukul sembilan pagi ia keluar pula dan dilihatnya ada lagi orang-orang lain menganggur di pasar.  Katanya kepada mereka: Pergi jugalah kamu ke kebun anggurku dan apa yang pantas akan kuberikan kepadamu. Dan merekapun pergi.  Kira-kira pukul dua belas dan pukul tiga petang ia keluar pula dan melakukan sama seperti tadi.  Kira-kira pukul lima petang ia keluar lagi dan mendapati orang-orang lain pula, lalu katanya kepada mereka: Mengapa kamu menganggur saja di sini sepanjang hari?  Kata mereka kepadanya: Karena tidak ada orang mengupah kami. Katanya kepada mereka: Pergi jugalah kamu ke kebun anggurku.  Ketika hari malam tuan itu berkata kepada mandurnya: Panggillah pekerja-pekerja itu dan bayarkan upah mereka, mulai dengan mereka yang masuk terakhir hingga mereka yang masuk terdahulu.  Maka datanglah mereka yang mulai bekerja kira-kira pukul lima dan mereka menerima masing-masing satu dinar.  Kemudian datanglah mereka yang masuk terdahulu, sangkanya akan mendapat lebih banyak, tetapi merekapun menerima masing-masing satu dinar juga.  Ketika mereka menerimanya, mereka bersungut-sungut kepada tuan itu,  katanya: Mereka yang masuk terakhir ini hanya bekerja satu jam dan engkau menyamakan mereka dengan kami yang sehari suntuk bekerja berat dan menanggung panas terik matahari.  Tetapi tuan itu menjawab seorang dari mereka: Saudara, aku tidak berlaku tidak adil terhadap engkau. Bukankah kita telah sepakat sedinar sehari?  Ambillah bagianmu dan pergilah; aku mau memberikan kepada orang yang masuk terakhir ini sama seperti kepadamu.  Tidakkah aku bebas mempergunakan milikku menurut kehendak hatiku? Atau iri hatikah engkau, karena aku murah hati?  Demikianlah orang yang terakhir akan menjadi yang terdahulu dan yang terdahulu akan menjadi yang terakhir." (Mat.20:4-16)


Tuhan Yesus memberikan perumpamaan ini dengan maksud untuk memberitahu dan mengajar murid-murid Nya dan orang banyak yang datang kepada Nya tentang hal Kerajaan Sorga. Tetapi Ia mengetahui bahwa hal Kerajaan Sorga yang hendak disampaikan Nya itu tidak mungkin dibicarakan secara terus terang, karena dinilai Nya saat itu kebanyakan orang belum siap untuk menerima pengajaran Nya. Hal ini nyata dari dari ungkapan yang diutarakan Nya (juga dengan perumpamaan): "Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu." (Mat.7:6)
Dan Ia hanya memberitahukan dengan terus-terang tentang pengajaran Nya itu hanya kepada murid-murid Nya saja. 

Mat.13:36-43 Maka Yesuspun meninggalkan orang banyak itu, lalu pulang. Murid-murid-Nya datang dan berkata kepada-Nya: "Jelaskanlah kepada kami perumpamaan tentang lalang di ladang itu."   Ia menjawab, kata-Nya: "Orang yang menaburkan benih baik ialah Anak Manusia;  ladang ialah dunia. Benih yang baik itu anak-anak Kerajaan dan lalang anak-anak si jahat.  Musuh yang menaburkan benih lalang ialah Iblis. Waktu menuai ialah akhir zaman dan para penuai itu malaikat.  Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman.  Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam Kerajaan-Nya.  Semuanya akan dicampakkan ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.  Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari dalam Kerajaan Bapa mereka. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!"
Sampai pada masa sekarang pun Tuhan Yesus masih mengajar murid-murid Nya dan memberitahu segala sesuatu tentang hal Kerajaan Sorga dengan terus terang. Tetapi kepada orang yang bukan murid, Ia membiarkan hal Kerajaan Sorga itu tetap terselubung sehingga tetap menjadi rahasia.
Mereka yang dapat menjadi murid Nya adalah orang-orang yang mau menyerahkan hidupnya seutuhnya bagi Nya, yang diungkapkan Tuhan Yesus dengan perkataan:  "Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku. Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi muridKu.
..................................................................................................................................................................
Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku. (Luk.14:26-33)
Tetapi dalam kesempatan lain Tuhan Yesus juga mengatakan bahwa segala pengajaran tentang Kerajaan Sorga itu tidak selamanya akan terselubung dan suatu saat harus diberitakan dengan terus-terang.

Mrk.4:21-23  Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian. Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap. Barangsiapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!"
Demikian halnya dengan perumpamaan tentang 'Orang-orang upahan di Kebun Anggur' dimasa sekarang pun sudah boleh dinyatakan dengan terbuka dan rahasia tentang Kerajaan Sorga sudah saatnya disingkapkan agar semua orang mendengar dan banyak orang berbondong-bondong memasukinya.
Dalam perumpamaan ini Tuhan Yesus memberitahukan bahwa untuk dapat masuk Kerajaan Nya, orang harus menjadi murid Nya dan bagi mereka yang mau menjadi murid tidak diperhitungkan berapa lamanya mereka menjadi murid, melainkan dapatkah mereka melakukan seperti yang dikehendaki Nya. Mereka akan mendapatkan tempat yang paling mulia dalam Kerajaan Nya, yaitu bagi mereka yang mau menyerahkan hidupnya seutuhnya bagi Tuhan dan atau mati dalam nama Nya.
Jadi yang diajarkan Tuhan Yesus adalah tuntutan tertinggi yang harus dijalani oleh murid-murid Nya. Karena bagi murid-murid Nya itu telah disediakan Nya tempat yang paling mulia dalam Kerajaan Sorga.

Mrk.10:35-40  Lalu Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus dan berkata kepada-Nya: "Guru, kami harap supaya Engkau kiranya mengabulkan suatu permintaan kami!" Jawab-Nya kepada mereka: "Apa yang kamu kehendaki Aku perbuat bagimu?" Lalu kata mereka: "Perkenankanlah kami duduk dalam kemuliaan-Mu kelak, yang seorang lagi di sebelah kanan-Mu dan yang seorang di sebelah kiri-Mu." Tetapi kata Yesus kepada mereka: "Kamu tidak tahu apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan yang harus Kuminum dan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima?" Jawab mereka: "Kami dapat." Yesus berkata kepada mereka: "Memang, kamu akan meminum cawan yang harus Kuminum dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima. Tetapi hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa itu telah disediakan."
 
Yoh.14:1-4  "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ."
Orang yang bekerja mulai pagi-pagi benar adalah mereka yang bertobat semasa masih berumur muda belia /remaja; orang yang mulai pukul sembilan adalah mereka yang bertobat pada masa masih muda; orang yang mulai bekerja pukul dua belas dan pukul tiga petang adalah mereka yang bertobat pada usia dewasa; sedangkan orang yang bekerja mulai pukul lima petang adalah mereka yang bertobat pada masa sudah tua.
Dalam hal pemberian upah mereka dihargai sama yaitu satu dinar, yang menggambarkan kehidupan kekal ditempat yang paling mulia yang telah disediakan Nya dalam Kerajaan Sorga.

Dalam hal ini Tuhan tidak bertindak pilih kasih, Ia tetap bertindak adil karena semua orang bekerja dan melakukannya dengan sama baiknya, yaitu mereka mau menyerahkan hidupnya bagi Tuhan dan atau mati dalam nama Nya. (lihat Peta Pertumbuhan Iman Kristiani (12)