Rabu, 03 Juli 2013

Pertumbuhan Iman Kristiani: 2. Kebajikan (virtue)

Kebajikan (virtue) adalah segala sifat-sifat baik (penyabar, pemurah, peramah, suka menolong dan lain-lain) yang harus dipunyai seorang beriman dalam dirinya, sifat-sifat itu sebenarnya sifat-sifat yang dipunyai Allah.

Semua sifat-sifat baik itu akan nampak dalam segala tingkah-laku orang beriman ketika mereka berinteraksi dengan orang lain sepanjang hidupnya. Jadi 'kebajikan' adalah segala perbuatan baik yang dilakukan seorang beriman terhadap orang lain. Perbuatannya itu akan dilihat orang yang mengenalnya dan orang yang ada disekitarnya , dengan demikian ia sekaligus juga bersaksi kepada semua orang bahwa ia adalah pengikut (Luk.8:19-21) dan murid Yesus Kristus (Yoh.15:1-8). Dalam hal ini ia sebagai seorang beriman telah memuliakan Tuhan Yesus dengan perbuatannya itu, karena perbuatan-perbuatan baik yang dilakukannya itu menjadi puji-pujian yang berbau harum bagi Tuhan dan menyenangkan hatiNya. 

Luk.8:19-21 Ibu dan saudara-saudara Yesus datang kepada-Nya, tetapi mereka tidak dapat mencapai Dia karena orang banyak. Orang memberitahukan kepada-Nya: "Ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan ingin bertemu dengan Engkau." Tetapi Ia menjawab mereka: "Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya." 

Yang dianggap ibu dan saudara oleh Yesus Kristus adalah orang yang mau melakukan kebajikan atau perbuatan baik kepada sesamanya manusia; ia adalah orang yang mempunyai hubungan yang dekat secara rohaniah, bukan hubungan secara jasmaniah. Biarpun secara biologis mempunyai hubungan sedarah karena dilahirkan dari ibunya, atau dilahirkan oleh seorang ibu yang sama, Yesus Kristus tidak menganggapnya mempunyai hubungan yang dekat apabila mereka tidak mempunyai hati terhadap sesamanya. 

Yoh.15:1-8. "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah. Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.  Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku."

Hubungan guru dan murid juga mempunyai kedekatan yang sama halnya dengan hubungan ibu dan anak; dalam hal hubungan guru dan murid, Yesus menuntut lebih banyak dari pada hubungan ibu dan anak. Dalam hubungan yang terakhir ini seorang murid dituntut menghasilkan buah yang banyak. Buah yang dimaksud adalah buah Roh*, yang merupakan hasil pertumbuhan iman yang sudah dewasa. Tuntutan yang diminta terhadap seorang murid adalah harus rela menyerahkan nyawanya bagi Yesus Kristus.

Luk.14:26-33. "Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku. Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku. Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu? Supaya jikalau ia sudah meletakkan dasarnya dan tidak dapat menyelesaikannya, jangan-jangan semua orang yang melihatnya, mengejek dia, sambil berkata: Orang itu mulai mendirikan, tetapi ia tidak sanggup menyelesaikannya. Atau, raja manakah yang kalau mau pergi berperang melawan raja lain tidak duduk dahulu untuk mempertimbangkan, apakah dengan sepuluh ribu orang ia sanggup menghadapi lawan yang mendatanginya dengan dua puluh ribu orang? Jikalau tidak, ia akan mengirim utusan selama musuh itu masih jauh untuk menanyakan syarat-syarat perdamaian. Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku. Garam memang baik, tetapi jika garam juga menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya baik untuk ladang maupun untuk pupuk, dan orang membuangnya saja. Siapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!"

*keterangan selengkapnya baca Renungan (18; 19; 20): Tentang Buah Roh

Tidak ada komentar: