Sabtu, 06 Juli 2013

Pertumbuhan Iman Kristiani: 4. Penguasaan diri (temperance)


Penguasaan diri (temperance) adalah segala sikap, perbuatan, perkataan dan pikiran yang didasarkan pada pengetahuan akan firman Tuhan , sehingga tidak lepas kontrol dan lupa karena kepentingannya sendiri, tapi lebih mementingkan pertumbuhan imannya.

Contoh penguasaan diri yang paling nyata adalah pencobaan oleh Iblis terhadap Yesus Kristus ketika Ia berpuasa di padang gurun  empat puluh hari lamanya. Dalam kesempatan itu Yesus dicobai tiga hal, mengenai keinginan dagingnya atau nafsunya untuk menguji penguasaan diriNya, yaitu mengenai nafsu biologis, nafsu berkuasa, dan nafsu mendapatkan penghormatan dari manusia.

Mat.4:1-11. Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis. Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus. Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti." Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu." Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!" Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, dan berkata kepada-Nya: "Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku." Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!" Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus. 

Ketiga pencobaan itu dapat disimpulkan menjadi penguasaan diri terhadap tiga hal mulai dari yang bersifat sangat kasar sampai kepada yang paling halus, yaitu:
1. Penguasaan diri terhadap nafsu makan-minum dan seksual. 
2. Penguasaan diri terhadap keinginan untuk berkuasa. 
3. Penguasaan diri terhadap keinginan untuk dihormati.

1. Penguasaan diri terhadap nafsu makan-minum dan seksual.  

Kebanyakan orang jatuh oleh karena dicobai dalam hal makan-minum dan seksual, tidak terkecuali dengan orang beriman. Sudah banyak cerita tentang orang Kristen yang jatuh kedalam dosa karena tidak dapat menguasai diri dari godaan makanan, minuman dan seksual. Bahkan cerita yang cukup menghebohkan adalah jatuhnya seorang hamba Tuhan yang sudah dianggap senior dan terhormat karena kalah oleh godaan makanan. Mereka jatuh kedalam perangkap kenikmatan makan karena tidak kuat menguasai dirinya dari godaan makanan enak, sehingga ia memuaskan diri dengan makan makanan kesukaannya, yang mengakibatkan kematian baginya karena gangguan metabolisme dalam tubuhnya. Mereka banyak yang mati disebabkan oleh kanker dan stroke.

Banyak hamba Tuhan yang terjatuh oleh godaan makanan karena ada satu pendapat yang dianut oleh sebagian orang beriman dalam kalangan hamba Tuhan, bahwa sebagai hamba Tuhan atau pendeta mereka tidak merasa leluasa untuk melampiaskan kesenangan mereka, karena tentunya akan mendapat celaan dari jemaat. Dan mereka merasa kesenangan yang dapat mereka lakukan hanya menikmati makan makanan enak saja.  Mereka dapat makan sepuasnya di rumah atau di kamar mereka tanpa diketahui oleh jemaatnya dan terbebas dari segala celaan.
Selain makanan enak, mereka ada juga yang kecanduan makan obat ekstase, sehingga mati akibat over dosis.

Mereka yang tidak kuasa menguasai dirinya dari minuman keras atau alkohol juga dapat menyebabkan kematian bagi dirinya baik secara langsung, yang menyebabkan fungsi syarafnya melemah atau organ tubuhnya rusak terbakar, dalam hal ini yang sering terkena adalah organ jantungnya; maupun menyebabkan kematian secara tidak langsung karena mengalami kecelakaan yang disebabkan ia sedang dalam keadaan mabuk, bisa karena terjatuh dari ketinggian atau karena mengalami kecelakaan lalulintas. Dan yang terakhir adalah tidak kuasa menguasai diri dari godaan seksual. Biasanya orang beriman terjatuh kedalam godaan seksual diawali dengan ketidak mampuannya menguasai diri dari godaan makan dan minum.

Secara rohani sebenarnya orang Kristen yang sedang mengalami pertumbuhan imannya itu akan mengalami kemajuan yang sangat pesat ketika mereka dapat melewati ujian yang pertama ini. Mereka yang mampu lolos dari ujian pertama ini akan dipakai Tuhan untuk pelayanan dengan penuh kuasa, karena mereka akan diperlengkapi Tuhan dengan berbagai karunia kuasa Roh Kudus, sehingga ia dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti yang telah dilakukan oleh Yesus Kristus sendiri, bahkan Ia menjanjikan pekerjaan yang lebih besar lagi dari pada itu untuk dilakukannya demi kemuliaan Allah.

Yoh.14:12-14. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya." 

Bilamana orang beriman sudah dipakai Tuhan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan itu, bukan berarti ia sudah selesai bertumbuh imannya tetapi masih akan terus bertumbuh hingga mencapai iman yang dewasa; ia masih harus melewati lagi ujian yang ke dua dan ketiga untuk dapat mencapai iman yang sempurna. Dalam hal ini perjalanan imannya akan menjadi lebih mudah untuk dapat mencapai sempurna, karena setiap saat, setiap hari, sepanjang sisa hidupnya ia disertai Tuhan dan ia menyaksikan kuasa  Tuhan didemonstrasikan didepan matanya. Ia tidak dapat lagi jatuh karena godaan iblis, tetapi ia hanya bisa jatuh oleh karena kemauannya sendiri, ia dengan sadar berbuat dosa seperti dosa yang dilakukan malaikat Luciver.

Ibr.10:26-27. Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu. Tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka.

2. Penguasaan diri terhadap keinginan untuk berkuasa.  

Sudah menjadi tabiat manusia yang mempunyai kekuatan akan mulai ingin berkuasa, baik berkuasa atas wilayah maupun berkuasa terhadap orang lain. Ia akan merasa tidak ada lagi yang dapat membatasinya dan bertindak sesuai dengan keinginannya sendiri, ia akan menganggap semua yang dikatakannya adalah hukum bagi orang yang dikuasainya dan bertindak layaknya seorang raja. Bagi seorang beriman yang benar-benar taat kepada Tuhan, ia tidak akan begitu bodoh untuk melakukan hal diatas, karena ia mengetahui kehendak dan rencana Tuhan terhadap hidupnya dari semua pembukaan firman yang selama ini diperolehnya.

Tetapi bagi orang beriman yang tidak mampu menguasai diri dari godaan yang pertama, maka ia akan jatuh juga pada ujian yang ke dua dan ke tiga, karena ia telah ditaklukan oleh Iblis dan tidak mampu lagi melakukan perlawanan. Ia akan terperosok ke dalam dosa yang lebih dalam lagi, sehingga ia tidak tidak mungkin dapat bangkit lagi dan akan menjadi penghuni neraka dan harus menjalani siksaan bersama-sama dengan Iblis dan setan. Inilah hukuman yang terberat di dalam neraka.

Mat.8:10-12. Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel. Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga, sedangkan anak-anak Kerajaan itu akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi." 

3. Penguasaan diri terhadap keinginan untuk dihormati.

Inilah ujian yang paling halus yang akan dihadapi oleh seorang beriman yang telah mencapai iman yang hampir sempurna. Adalah tidak masuk akal bilamana seorang yang sudah mencapai iman pada tingkat seperti ini sampai jatuh oleh ujian terakhir yang dihadapinya. Kesadaran hati dan pikirannya sudah tidak mungkin dapat dipisahkan dari Tuhan Yesus, karena semua isi hati dan pemikirannya sudah selaras dengan hati dan pikiran Tuhan. Yang dilakukannya adalah juga yang dikehendaki Tuhan, yang dipikirkannya adalah juga yang dipikirkan Tuhan. Jadi sesungguhnya ia pada keadaan ini benar-benar sudah menyatu dengan Tuhan, dimana Tuhan ada di dalam dia dan dia ada di dalam Tuhan. Tidak ubahnya ia seperti Tuhan Yesus sendiri yang hidup di dunia dalam rupa dan tubuh yang lain, yaitu dalam rupa dan tubuh orang beriman itu.

Yoh.14:18-21. Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu. Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamupun akan hidup. Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya." 


Tidak ada komentar: