Sabtu, 30 Juni 2012

Renungan (14): Tentang Hal Kekuatiran

“Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.  Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.  Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.  Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;  jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu. Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.”
“Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?  Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?  Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?  Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal,  namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannya pun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu.  Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?  Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.” (Mat.6: 25-34)

Dalam kehidupan pada masa sekarang dan masa Tuhan Yesus atau masa yang jauh sebelum Tuhan yesus, kehidupan manusia di dunia tidak jauh berbeda, mereka hanya disibukan oleh urusan-urusan mencari makan-minum dan kawin-mengawinkan (Mat.24:28).

Mat. 24:38  Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera,………………………………………………………………………………………..

Dan dalam kesibukannya itu manusia selalu di bayang-bayangi oleh perasaan kuatir sehingga perhatian mereka hanya tertuju pada hal-hal yang duniawi saja. 
Pada masa sekarang beberapa orang memanfaatkan perasaan kekuatiran itu untuk mencari keuntungan, dengan menawarkan  perasaan aman, melalui polis asuransi. Karena itulah maka Tuhan Yesus menyerukan pada mereka untuk tidak kuatir dan mendorong mereka untuk mencari Kerajaan Allah.
Ajakan Tuhan itu adalah pernyataan yang perlu direnungkan dengan mendalam agar dapat dimengerti dengan jelas dan benar.  Kebanyakan orang Kristen  menyangka/ mengartikan kalimat  ”carilah dahulu Kerajaan Allah” adalah dengan rajin mengikuti ibadah-ibadah di gereja atau kegiatan kebaktian  rohani. Inilah satu pemikiran yang sangat dangkal,  sebab pada saat Tuhan Yesus menyatakan ajakan itu belum terbentuk lembaga gereja seperti sekarang ini. Dari pada itu maka dapat disimpulkan bahwa pemikiran di atas adalah satu pemikiran yang bukan seperti yang dimaksudkan oleh Tuhan Yesus.

Jadi harus ada pengertian yang lebih mendalam, yaitu bahwa “mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya”  itu adalah merupakan pengalaman dari orang beriman ketika mereka sudah dapat merasakan sukacita damai sejahtera dalam hidupnya. Dimana perasaan itu bukan disebabkan oleh karena lingkungan di luar dirinya, melainkan timbul dari dalam hatinya ketika ia sudah tidak lagi merasa kuatir akan segala sesuatu dalam hidupnya dan ketika ia dapat bersyukur akan segala yang telah diterimanya dari Allah. Dalam hal ini hidupnya sudah tidak terpengaruh lagi oleh segala sesuatu yang ada di luar dirinya. Sehingga ketika ia mendapatkan hal yang menyenangkan, ia bersyukur tetapi tidak sampai mabuk karenanya. Dan ketika ia mendapatkan hal yang tidak menyenangkan, ia tetap dapat bersyukur dan tidak larut oleh kesedihannya itu.

Sedangkan kalimat  “maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu “  sering dimengerti akan mendapatkan kelimpahan harta duniawi. Inilah suatu pemikiran yang terlalu duniawi dan tentunya tidak sesuai dengan pengajaran Tuhan Yesus. Bila lebih teliti tentu kata ‘ditambahkan’ mempunyai arti yang jelas, bahwa yang  ditambahkan  itu adalah bonus, bukan yang utama; yang utama adalah pengalaman merasakan sukacita damai sejahtera itu sendiri. Jadi segala sesuatu yang ditambahkan adalah sebagai bonus dan itu bukan merupakan hal yang penting; ada baik, tetapi bila tidak ada pun tidak menjadi masalah bagi dirinya, karena ia telah mendapatkan sukacita damai sejahtera dalam hidupnya.
Perasaan sukacita damai sejahtera itu mempunyai nilai yang melebihi segala apapun yang ada di dunia; karena perasaan itu tidak dapat diperoleh dengan menukarnya dengan uang atau barang duniawi seberapa banyaknya sekalipun. Jika demikian jelas segala yang akan ditambahkan atau bonus itu menjadi kurang berharga lagi dan keberadaannya tidak penting lagi baginya. Hal ini sesuai dengan perkataan Tuhan Yesus di awal perikop di atas yang menyarankan orang untuk tidak mengumpulkan harta di bumi melainkan mengumpulkan harta di sorga, yaitu dengan melakukan perbuatan-perbuatan kasih terhadap sesamanya manusia. Orang beriman yang mau melakukan seperti yang disarankan Nya adalah orang kristen rohani yang akan menghasilkan buah roh dengan segala sifat-sifatnya di dalam dirinya (Gal.5:22-23)

Gal. 5:22-23  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Seorang yang mempunyai Kasih maka : Ia harus orang yang sabar, murah hati, tidak cemburu, tidak megahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu (1Kor.13:4-7).
(Keterangan tentang 'kasih' lihat tulisan: 'Iman, Pengharapan dan Kasih')

Seorang yang mempunyai sukacita adalah orang yang menjalani hidup dengan hati yang gembira, bergairah, peramah dan murah senyum, dimana ia menjalani hidupnya dengan ringan tanpa tekanan yang berarti, dan tidak merasakan beban yang terlalu berat.

Seorang yang mempunyai damai sejahtera adalah orang yang selalu bersyukur atas apa yang diperolehnya sebagai berkat dari Tuhan; tidak ambisius, tidak serakah, dan jiwanya selalu dalam keadaan tenang .

Seorang yang mempunyai kesabaran adalah orang yang selalu dapat menunggu segala sesuatu, dapat mengerti kelemahan orang lain dan mempunyai persediaan maaf yang tidak terbatas.

Seorang yang mempunyai kemurahan adalah orang yang selalu mau memberi kepada orang lain, baik waktu, harta benda, maupun hidupnya sekalipun.

Seorang yang mempunyai kebaikan adalah orang yang selalu melakukan segala sesuatu demi kepentingan orang lain dan kebaikan bersama.

Seorang yang mempunyai kesetiaan adalah orang yang tidak mudah berubah pikiran dan melakukan segala sesuatu sesuai dengan apa yang telah diucapkannya sesuai dengan kata hati nuraninya.

Seorang yang mempunyai kelemahlembutan adalah orang yang memperlakukan orang lain dengan penuh kasih dan penuh perhatian.

Seorang yang mempunyai penguasaan diri adalah orang yang dapat menahan diri untuk tidak melakukan perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain dan tidak melakukan segala sesuatu yang dibenci Tuhan.

Jumat, 29 Juni 2012

Renungan (13): Orang-orang Upahan di Kebun Anggur

"Adapun hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang tuan rumah yang pagi-pagi benar keluar mencari pekerja-pekerja untuk kebun anggurnya.  Setelah ia sepakat dengan pekerja-pekerja itu mengenai upah sedinar sehari, ia menyuruh mereka ke kebun anggurnya.  Kira-kira pukul sembilan pagi ia keluar pula dan dilihatnya ada lagi orang-orang lain menganggur di pasar.  Katanya kepada mereka: Pergi jugalah kamu ke kebun anggurku dan apa yang pantas akan kuberikan kepadamu. Dan merekapun pergi.  Kira-kira pukul dua belas dan pukul tiga petang ia keluar pula dan melakukan sama seperti tadi.  Kira-kira pukul lima petang ia keluar lagi dan mendapati orang-orang lain pula, lalu katanya kepada mereka: Mengapa kamu menganggur saja di sini sepanjang hari?  Kata mereka kepadanya: Karena tidak ada orang mengupah kami. Katanya kepada mereka: Pergi jugalah kamu ke kebun anggurku.  Ketika hari malam tuan itu berkata kepada mandurnya: Panggillah pekerja-pekerja itu dan bayarkan upah mereka, mulai dengan mereka yang masuk terakhir hingga mereka yang masuk terdahulu.  Maka datanglah mereka yang mulai bekerja kira-kira pukul lima dan mereka menerima masing-masing satu dinar.  Kemudian datanglah mereka yang masuk terdahulu, sangkanya akan mendapat lebih banyak, tetapi merekapun menerima masing-masing satu dinar juga.  Ketika mereka menerimanya, mereka bersungut-sungut kepada tuan itu,  katanya: Mereka yang masuk terakhir ini hanya bekerja satu jam dan engkau menyamakan mereka dengan kami yang sehari suntuk bekerja berat dan menanggung panas terik matahari.  Tetapi tuan itu menjawab seorang dari mereka: Saudara, aku tidak berlaku tidak adil terhadap engkau. Bukankah kita telah sepakat sedinar sehari?  Ambillah bagianmu dan pergilah; aku mau memberikan kepada orang yang masuk terakhir ini sama seperti kepadamu.  Tidakkah aku bebas mempergunakan milikku menurut kehendak hatiku? Atau iri hatikah engkau, karena aku murah hati?  Demikianlah orang yang terakhir akan menjadi yang terdahulu dan yang terdahulu akan menjadi yang terakhir." (Mat.20:4-16)


Tuhan Yesus memberikan perumpamaan ini dengan maksud untuk memberitahu dan mengajar murid-murid Nya dan orang banyak yang datang kepada Nya tentang hal Kerajaan Sorga. Tetapi Ia mengetahui bahwa hal Kerajaan Sorga yang hendak disampaikan Nya itu tidak mungkin dibicarakan secara terus terang, karena dinilai Nya saat itu kebanyakan orang belum siap untuk menerima pengajaran Nya. Hal ini nyata dari dari ungkapan yang diutarakan Nya (juga dengan perumpamaan): "Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu." (Mat.7:6)
Dan Ia hanya memberitahukan dengan terus-terang tentang pengajaran Nya itu hanya kepada murid-murid Nya saja. 

Mat.13:36-43 Maka Yesuspun meninggalkan orang banyak itu, lalu pulang. Murid-murid-Nya datang dan berkata kepada-Nya: "Jelaskanlah kepada kami perumpamaan tentang lalang di ladang itu."   Ia menjawab, kata-Nya: "Orang yang menaburkan benih baik ialah Anak Manusia;  ladang ialah dunia. Benih yang baik itu anak-anak Kerajaan dan lalang anak-anak si jahat.  Musuh yang menaburkan benih lalang ialah Iblis. Waktu menuai ialah akhir zaman dan para penuai itu malaikat.  Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman.  Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam Kerajaan-Nya.  Semuanya akan dicampakkan ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.  Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari dalam Kerajaan Bapa mereka. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!"
Sampai pada masa sekarang pun Tuhan Yesus masih mengajar murid-murid Nya dan memberitahu segala sesuatu tentang hal Kerajaan Sorga dengan terus terang. Tetapi kepada orang yang bukan murid, Ia membiarkan hal Kerajaan Sorga itu tetap terselubung sehingga tetap menjadi rahasia.
Mereka yang dapat menjadi murid Nya adalah orang-orang yang mau menyerahkan hidupnya seutuhnya bagi Nya, yang diungkapkan Tuhan Yesus dengan perkataan:  "Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku. Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi muridKu.
..................................................................................................................................................................
Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku. (Luk.14:26-33)
Tetapi dalam kesempatan lain Tuhan Yesus juga mengatakan bahwa segala pengajaran tentang Kerajaan Sorga itu tidak selamanya akan terselubung dan suatu saat harus diberitakan dengan terus-terang.

Mrk.4:21-23  Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian. Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap. Barangsiapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!"
Demikian halnya dengan perumpamaan tentang 'Orang-orang upahan di Kebun Anggur' dimasa sekarang pun sudah boleh dinyatakan dengan terbuka dan rahasia tentang Kerajaan Sorga sudah saatnya disingkapkan agar semua orang mendengar dan banyak orang berbondong-bondong memasukinya.
Dalam perumpamaan ini Tuhan Yesus memberitahukan bahwa untuk dapat masuk Kerajaan Nya, orang harus menjadi murid Nya dan bagi mereka yang mau menjadi murid tidak diperhitungkan berapa lamanya mereka menjadi murid, melainkan dapatkah mereka melakukan seperti yang dikehendaki Nya. Mereka akan mendapatkan tempat yang paling mulia dalam Kerajaan Nya, yaitu bagi mereka yang mau menyerahkan hidupnya seutuhnya bagi Tuhan dan atau mati dalam nama Nya.
Jadi yang diajarkan Tuhan Yesus adalah tuntutan tertinggi yang harus dijalani oleh murid-murid Nya. Karena bagi murid-murid Nya itu telah disediakan Nya tempat yang paling mulia dalam Kerajaan Sorga.

Mrk.10:35-40  Lalu Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus dan berkata kepada-Nya: "Guru, kami harap supaya Engkau kiranya mengabulkan suatu permintaan kami!" Jawab-Nya kepada mereka: "Apa yang kamu kehendaki Aku perbuat bagimu?" Lalu kata mereka: "Perkenankanlah kami duduk dalam kemuliaan-Mu kelak, yang seorang lagi di sebelah kanan-Mu dan yang seorang di sebelah kiri-Mu." Tetapi kata Yesus kepada mereka: "Kamu tidak tahu apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan yang harus Kuminum dan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima?" Jawab mereka: "Kami dapat." Yesus berkata kepada mereka: "Memang, kamu akan meminum cawan yang harus Kuminum dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima. Tetapi hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa itu telah disediakan."
 
Yoh.14:1-4  "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ."
Orang yang bekerja mulai pagi-pagi benar adalah mereka yang bertobat semasa masih berumur muda belia /remaja; orang yang mulai pukul sembilan adalah mereka yang bertobat pada masa masih muda; orang yang mulai bekerja pukul dua belas dan pukul tiga petang adalah mereka yang bertobat pada usia dewasa; sedangkan orang yang bekerja mulai pukul lima petang adalah mereka yang bertobat pada masa sudah tua.
Dalam hal pemberian upah mereka dihargai sama yaitu satu dinar, yang menggambarkan kehidupan kekal ditempat yang paling mulia yang telah disediakan Nya dalam Kerajaan Sorga.

Dalam hal ini Tuhan tidak bertindak pilih kasih, Ia tetap bertindak adil karena semua orang bekerja dan melakukannya dengan sama baiknya, yaitu mereka mau menyerahkan hidupnya bagi Tuhan dan atau mati dalam nama Nya. (lihat Peta Pertumbuhan Iman Kristiani (12)